Pages

RPPM PAUD DARING TEMA TANAMAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Seorang guru yang profesional disamping mengajar di kelas menjadikan siswa-siswinya menjadi pintar namun juga harus membuat administrasi-administrasi mencatat segala sesuatunya baik sebelum proses pembelajaran, pada saat pembelajaran maupun setelah pembelajaran. Administrasi guru yang dibuat sebelum pembelajaran disebut sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP ini merupakan salah satu administrasi yang wajib dibuat oleh guru di semua jenjang baik jenjang paling rendah maupun tinggi. Jenjang yang paling rendah di dunia pendidikan yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

RPPM PAUD DARING TEMA TANAMAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022
RPPM PAUD DARING TEMA TANAMAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RPP PAUD Daring

Administrasi yang dibuat bergantung pada keadaan sekitar. Karena saat ini sedang terjadi pandemi menyebarnya Virus Corona sehingga proses pembelajaran dilaksanakan secara Daring maka pada isi skenario di RPP juga mengikuti hal tersebut. Pembelajaran secara daring guru mengajar secara online isa melalui media WhatsApp, Tatap Maya dengan Google Meet atau bisa saja Video di Youtube serta lainnya tergantung kemampuan dan kreatifitas guru PAUD.

Pada jenjang PAUD meliputi KB, TK, SPS, TPA dan lainnya mempunyai RPP yang berbeda dari jenjang diatasnya yaitu RPP pada PAUD terbagi menjadi 2 macam, antara lain :

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).
Baca artikel terkait seperti : RPPH PAUD Daring Tema Tanaman Semester 1 TP. 2021/2022

RPPM merupakan proses atau skenario pembelajaran yang dibuat seminggu sebelum proses pembelajaran dimulai karena di dalam RPPM tersebut terdapat seminggu proses pembelajaran. Sedangkan RPPH sebenarnya sama seperti RPPM hanya saja RPPH ini merupakan penjabaran dari RPPM dan RPPH berisi skenario pembelajaran dalam sehari proses pembelajaran.

RPPM PAUD Daring Tema Tanaman

Isi skenario pada RPPM tergantung tema dan subtema yang telah ditetapkan pada waktu pembuatan Program Semester (Promes) di awal semester. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas RPPM pada tema tanaman. Untuk tema tanaman dibagi menjadi sub-subtema dimana subtema tersebut nantinya akan dibuat menjadi RPPM. Berkut sub-subtema dari tema tanaman :
  1. Subtema Tanaman Pangan
  2. Subtema Tanaman Hias
  3. Subtema Tanaman Toga

Format RPPM PAUD Daring Tema Tanaman

Setiap subtema diatas akan dijadikan RPPM PAUD Daring sesuai dengan format yang sudah ditentukan. Format RPPM PAUD Daring terdiri dari tiga kolom yaitu antara lain :
  1. Kompetensi Dasar (KD) dan Tingkat perkembangan anak yang akan dicapai. Untuk KD yaitu terdiri dari Nomor KD misalnya : KD 1 berarti sikap spiritual, KD 2 sikap sosial, KD 3 pengetahuan dan KD 4 Keterampilan sedangkan tingkat perkembangan anak ditulis disamping KD menggunakan kode seperti : NAM (Nilai Agama dan Moral), FM (Fisik dan Motorik), KOG (Kognitif), BHS (Bahasa), SOSEM (Sosial Emosional), dan SN (Seni).
  2. Materi. Materi yang dimaksud sesuai KD dan tingkat perkembangan anak dikaitkan dengan tema dan subtema.
  3. Kegiatan Main . Kegiatan main berisi mengenai semua kegiatan pembelajaran yang mencakup subtema yang telah ditentukan.
Contoh RPPM PAUD Daring Tema Tanaman

Itulah penjelasan kami mengenai RPPM PAUD Daring Tema Tanaman . Untuk lebih jelasnya bunda-bunda bisa lihat secara langsung RPPM tersebut yang sudah kita siapkan sebagai bahan referensi untuk kelengkapan administrasi bunda di semester 1 tahun pelajaran 2021/2022.
  1. RPPM PAUD Daring Tema Tanaman Subtema Tanaman Pangan;
  2. RPPM PAUD Daring Tema Tanaman Subtema Tanaman Hias; dan
  3. RPPM PAUD Daring Tema Tanaman Subtema Tanaman Toga.
Temukan artikel - artikel lainnya yang kaitannya sama dengan RPPM di Semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 seperti :
  1. RPPM PAUD Daring Tema Diri Sendiri;
  2. RPPM PAUD Daring Tema Keluargaku;
  3. RPPM PAUD Daring Tema Lingkunganku; dan
  4. RPPM PAUD Daring Tema Binatang.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi bunda-bunda sekalina yang mengajar di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, TPA, POS, dan lainnya yang masih satu naungan. Kami sebagai admin DAPODIK PAUD mohon maaf apabila ada kekurangan baik dari segi penulisan dan tata bahasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD DARING TEMA TANAMAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022"

Posting Komentar