Pages

Standar Operasional Prosedur (SOP) PAUD Penerimaan Siswa Baru

Standar Operasional Prosedur (SOP) PAUD Penerimaan Siswa Baru. Dalam penerimaan siswa baru di masa pandemi saat ini harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penyelenggaraan peserta didik baru harus memenuhi protokol kesehatan karena yang dikhawatirkan adalah ada beberapa siswa baru habis dari perjalanan diluar kota dan membawa virus corona. Karena kita tahu sendiri ada seorang anak yang dapat terpapar virus tersebut tanpa adanya gejala. Oleh sebab itulah dalam penerimaan siswa baru harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dijenjang PAUD pada tahun pelajaran 2021/2022 saat ini.

Standar Operasional Prosedur (SOP) PAUD Penerimaan Siswa Baru
Standar Operasional Prosedur (SOP) PAUD Penerimaan Siswa Baru

Sesuai  Permendikbud No.1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada jenjang PAUD baik KB, SPS, TPA, TK, dan lainnya dihimbau untuk mematuhi ketentuan yang berlaku dan membuat SOP PAUD Penerimaan Peserta Didik Baru yang berisi ketentuan-ketentuan sebagai berikut.

  1. Orang tua calon peserta didik baru mendaftarkan anaknya pada sekolah yang dituju secara offline;
  2. Melampirkan persyaratan seperti : Foto Copy Kartu Keluarga, Akta Kelahiran Anak, Pasfoto Calon siswa baru, berusia 3 tahun sampai 4 tahun bagi KB dan sederajat, dan berusia 4 tahun sampai 6 tahun bagi lembaga TK dan sederajat.
  3. Jumlah peserta didik pada kelompok A dan B bagi TK paling banyak 15 (lima belas) siswa per rombel;
  4. Panitia PPDB sekolah setempat, meneliti berkas pendaftaran dan menverifikasi data persyaratan calon peserta didik;
  5. Peserta didik yang tidak memenuhi kriteria persyaratan tidak diterima (berkas dikembalikan)
  6. Pendaftaran , seleksi, pengumuman dan pendaftaran ulang yang dilakukan dengan tatap muka dilaksaanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
  7. Syarat pesertaa didik diatas jangan sampai kurang dari usia yang dipersyaratkan karena tidak akan bisa dimasukkan ke Aplikasi Dapodik PAUD. Aplikasi Dapodik PAUD secara otomatis akan mendeteksi umur siswa ketika memasukkan tanggal lahir.

SOP PAUD Penerimaan Peserta Didik/Siswa Baru ini hanyalah sebagai contoh saja bukan sebagai acuan tetap. Mungkin bunda-bunda bisa menambahkan apa saja yang perlu ditambahkan pada uraian SOP tersebut.
Untuk lebih jelasnya mengenai SOP PAUD PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 bisa bunda lihat secara langsung contohnya dalam file yang nantinya akan kami bagikan. 


Semoga dengan adanya artikel ini mengenai SOP PAUD PPDB bisa bermanfaat bagi bunda-bunda sekalian yang ada dijenjang PAUD meliputi TK, KB, SPS, TPA, dan lain sebagainya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan di artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Standar Operasional Prosedur (SOP) PAUD Penerimaan Siswa Baru"

Posting Komentar