Pages

RPPM PAUD Daring Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

RPPM PAUD daring tema lingkunganku diSemester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Untuk melaksanakan proses pembelajaran dibutuhkan sebuah perencanaan. Perencanaan tersebut yaitu dinamakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, TPA, dan RA pembuatan RPP terbagi menjadi 2 macam salah satunya adalah Rencana Pelaksanaan Mingguan (RPPM). RPPM merupakan sebuah perencanaan yang berisi proses pembelajaran dalam jangka waktu seminggu. Jadi, Bunda-Bunda sekalian di jenjang PAUD untuk RPPM dibuat seminggu sebelum pelaksanaan berlangsung atau bisa juga sebulan sebelumnya.
RPPM PAUD Daring Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022
RPPM PAUD Daring Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Pembuatan RPPM PAUD Daring tema lingkunganku ini dibuat menyesuaikan keadaan yang ada. Apabila di masa pandemi denga menyebarnya virus corona yang berpengaruh disegala bidang termasuk bidang pendidikan untuk pelaksanaan pembelajaran tidak boleh tatap muka tapi dengan jarak jauh atau belajar di rumah secara Daring lewat tatap muka maya. Maka berpengaruh pula dalam pembuatan administrasi PAUD salah satunya adalah RPPM.

RPPM PAUD walaupun pembuatannya berbeda dari sebelumnya namun masih sama format dan tata letaknya tetapi yang menjadi perbedaannya adalah pada isi proses kegiatan atau langkah-langkah pembelajarannya diisi ada kaitannya Daring misal menggunakan WhatsApp (WA), tatap maya bisa menggunakan Google Meet atau Zoom. Pada Kompetensi Dasar (KD) di jenjang PAUD di masa pandemi ada sedikit perubahan yaitu yang tercantum pada Permendikbud No. 37 Tahun 2020 mengenai Kurikulum Darurat di masa pandemi.

Pada kurikulum darurat tersebut tercantum KI dan KD yang disederhanakan agar tidak seperti di masa sebelum pandemi. Tetapi dalam pembuatan RPPM untuk tema dan subtemanya masih sama. Untuk itu kita akan membahas mengenai RPPM PAUD Daring dengan tema lingkunganku di semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Dalam tema lingkunganku dijabarkan lagi karena untuk membuat RPPM kita membutuhkan subtema tersebut. Penjabaran subtema dari tema lingkunganku berdasarkan Prota dan Promes yang sebelumnya telah dibuat.


Subtema dari tema lingkunganku terdapat pada minggu ke 7,8,9,10 dan 11 dan itu tergantung dalam pembuatan Promes PAUD bisa berubah sesuai keinginan bunda. berikut subtema pada setiap minggu di tema lingkunganku yaitu antara lain :
  1. Minggu ke 7 subtema Dapur rumahku
  2. Minggu ke 8 subtema Rumahku (Ruang Keluarga)
  3. Minggu ke 9 subtema Kebunku
  4. Minggu ke 10 subtema Halamanku
  5. Minggu ke 11 subtema Tetanggaku
Pada kelima subtema tersebut dan tema lingkunganku nantinya dijadikan RPPM PAUD Daring di minggu ke 7,8,9,10 dan 11 pada semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Setelah dibuat RPPM barulah nanti bunda-bunda sekalian bisa membuat RPPH PAUD daring tema lingkunganku.

RPPM PAUD metode daring pada tema lingkunganku sudah kamu buat sedemikian rupa, namun ini hanyalah sebagai referensi untuk bunda-bunda dijenjang PAUD dan jangan dijadikan patokan, karena setiap daerah memiliki format dan pemikiran yang berbeda-beda dalam pembuatan RPPM PAUD di masa pendemi sekarang ini.
Itulah yang dapat kami jabarkan sebagai admin Dapodik PAUD, kurang dan lebihnnya kami mohon maaf. Tujuan dibuatnya blog ini adalah agar bunda-bunda sekalian di jenjang PAUD dapat terbantukan dengan artikel ini dan mempermudah dalam membuat administrasi guru PAUD salah satunya membuat RPPM PAUD di masa pandemi saat ini yang menggunakan metode Daring. Sekali lagi semoga artikel ini bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPM PAUD Daring Tema Lingkunganku Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022"

Posting Komentar