Pages

Cara Mengubah Nama, Tanggal Lahir, NIK, TMT di Info GTK Melalui VervalPTK

Cara Mengubah Nama, Tanggal Lahir, NIK, TMT di Info GTK Melalui VervalPTK . Informasi Guru dan Tenaga Kependidikan atau yang kita kenal dengan sebutan Info GTK merupakan suatu data diri seorang pendidik yang mencakup identitas, pekerjaan dan lain-lainnya semua tertuang pada Info GTK. Data Info GTK ini diambil dari hasil input dan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik oleh Operator Sekolah. Sekolah yang dimaksud bisa dari Jenjang PAUD, SD, SMP dan diatasnya. Begitu rahasianya data tersebut sehingga seorang guru harus mempunyai email pribadi dan password tersendiri. Jadi setiap GTK harus mempunyai email yang dimasukkan ke Aplikasi Dapodik. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kalau identitas diri kita yang ada di Info GTK terdapat kesalahan? baik Nama, Tanggal Lahir, Nomor Induk Kependidikan (NIK), Tanggal Mulai Tugas (TMT) sebagai guru, dan lain-lain. Tidak usah khawatir semua pasti ada solusi dan cara untuk mengubah kesalahan tersebut. 

(Baca juga artikel terkait : (Cara Membuat dan Verifikasi Akun Dapodik untuk Membuka Info GTK)

Untuk mengubah identitas diri yang sudah terlanjut diinput waktu data diri kita dimasukkan ke Aplikasi Dapodik sebenarnya sangatlah mudah, hanya saja ada kebanyakan identitas diri kita sudah terkunci oleh sistem atau tidak bisa diubah di Aplikasi Dapodik seperti Nama, Tanggal Lahir, NIK, dan TMT. Cara mengubah identitas diri yang terkunci oleh sistem yaitu dengan masuk ke situs VervalPTK, namun yang dapat masuk ke situs tersebut hanyalah Operator Sekolah saja. Oleh karena itu segera menghubungi Operator dan jelasnya untuk melakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengubah Nama, Tanggal Lahir, NIK, TMT di Info GTK Melalui VervalPTK
Cara Mengubah Nama, Tanggal Lahir, NIK, TMT di Info GTK Melalui VervalPTK

Langkah 1. Siapkan dokumen-dokumen pendukung yang membenarkan bahwa data pada Info GTK memanglah salah dan harus diperbaiki, seperti :

  • Kesalahan pada Nama, Tempat, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu maka dokumen yang harus disiapkan adalah Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga (KK) anda;
  •  Apabila yang salah adalah Nomor Induk Kependidikan (NIK), dokumennya yaitu Kartu Tanda Kependudukan (KTP) atau Kartu Keluarga (KK);, dan
  • Kesalahan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT), dokumen yang dipersiapkan adalah SK CPNS bagi PNS dan SK Pengangakatan dari Kepala Sekolah atau SK GTY apabila status kepegawaian Non PNS/GTT/GTY.
Dokumen yang harus disiapkan diatas tergantung dari jenis kesalahannya seperti pada keterangan tersebut. Apabila sudah selanjutnya scan dokumen tersebut, kalau tidak bisa menscan minta bantuan operator sekolah untuk menscan dokumen anda.

Langkah 2. Masuk ke situs VERVALPTK dan masukkan login berupa email sekolah dan password. Hubungi Operator Sekolah anda karena yang dapat mengetahui email dan passwordnya hanyalah operator saja. Apabila belum pernah login atau sekolah anda baru, bisa membuat akun dengan masuk ke situs https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ atau bisa anda lihat diartikel yang sudah kami buat untuk membuat akun tersebut (Baca artikel terkait : Cara Registrasi Verval PTK, PD, SP Jenjang PAUD ).

Langkah 3. Ketika sudah bisa masuk, langkah selanjutnya adalah anda akan melihat menu-menu di dalam Verval PTK yang ada di samping kiri. Untuk mengubah identitas anda yang salah yaitu anda masuk ke menu Perbaikan Identitas dan Scroll ke samping kanan disitu ada tulisan Perbaikan. Pilih salah satu PTK/guru yang akan diperbaiki.
Perbaikan Identitas Diri dengan Scroll ke samping

Langkah 4. Masukkan identitas diri dari PTK yang sesuai dengan Dokumen Pendukung dari NIK, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung. Upload Dokumen pendukung Asli yang telah discan dengan format JPG/PNG dengan ukuran kurang dari 1 Mb. Setelah itu pilih kata Ajukan. Untuk perbaikan TMT tidak masuk ke vervalPTK tetapi bisa diubah langsung keDinas dengan membawa Dokumen Pendukung.
Isian Identitas Diri dan Upload Dokumen Pendukung VervalPTK
Isian Identitas Diri dan Upload Dokumen Pendukung VervalPTK
Langkah 5. Untuk melihat status perbaikan yaitu masuk ke menu Status Perbaikan dan lihat disamping kanan ada yang bertuliskan Antrian atau Disetujui. Apabila Antrian berarti sabar menunggu di Approve atau di setujui oleh Dinas.
Status Perbaikan Identitas Diri Info GTK melalui Verval PTK

Langkah 6. Agar perubahan anda berstatus Disetujui maka anda harus ke Dinas dengan membawa Dokumen Pendukung seperti :
  1. Surat Permohonan Penggantian identitas diri; (Lihat Contoh)
  2. Surat Keterangan Kepala Sekolah; dan (Lihat Contoh)
  3. Dokumen Pendukung yang sesuai dengan data yang salah seperti pada langkah 1 (KTP/KK/Akte Kelahiran/SK Pengangkatan)
Langkah 6. Ketika sudah ke Dinas dan membawa kelengkapan Dokumen Pendukung, lihat pada status perbaikan apabila sudah disetujui. Maka langkah selanjutnya adalah anda menyuruh Operator Sekolah anda untuk melakukan Sinkronisasi Data, agar data tersebut bisa masuk ke  Aplikasi Dapodik. Lakukan sinkronisasi sebanyak kurang lebih 2 x agar bisa masuk ke Info GTK.

Langkah 7. Pantau dan cek terus informasi yang ada di Info GTK sampai sudah berubah sesuai keadaan yang sebenarnya baik, Nama, NIK, TMT, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung. Karena itu akan berpengaruh pada rekrutmen PPPK dan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

(Baca juga artikel terkait seperti : Cara Mudah Menverifikasi Ijazah untuk Rekrutmen PPPK)

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua, terutama guru dan tenaga kependidikan yang terdapat kesalahan di Info GTK. Karena kita tahu sekarang ini sedang hebohnya disitus Info GTK dalam Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Verval Ijazah untuk pengajuan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengubah Nama, Tanggal Lahir, NIK, TMT di Info GTK Melalui VervalPTK"

Posting Komentar