Pages

RPPM PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

RPPM PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam membuat perencanaan pembelajaran di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi TK, KB, SPS, TPA, dan RA serta lainnya yang masih dalam naungan PAUD harus mengacu pada Standar Nasional. Rencana Pelaksanaan dalam PAUD ada 2 macam yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)  dan Harian (RPPH). RPPM merupakan sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran di jenjang PAUD yang mencakup alokasi waktu seminggu dan biasanya untuk 1 subtema. Dalam 1 tema dibagi menjadi beberapa sub tema tergantung 1 tema tersebut alokasi waktunya berapa minggu namun biasanya 3 sampai 4 minggu tergantung jumlah subtema. Begitupun pembuatan RPPM yang bergantung pada jumlah subtema, karena 1 RPPM untuk 1 subtema. 
RPPM PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022
RPPM PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Bunda-bunda sekalian di jenjang PAUD pastinya sudah paham dan tahu bagian-bagian dari RPPM PAUD. Namun kami jelaskan kembali agar lebih paham dan mampu membuat RPPM PAUD dengan sendirinya. Namun dimasa pandemi sekarang ini guru PAUD harus mampu menyesuaikan diri dengan membuat administrasi Daring atau Belajar Dari Rumah (BDR). Bagian-bagian dalam RPPM PAUD yaitu :
  1. Nama Tema, Subtema : Nama dan subtema yang dimasuk yaitu bergantung dari Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester (PROMES/PROSEM) yang telah dibuat sebelumnya. Untuk tema-tema dijenjang PAUD pada minggu ke 1, 2 dan 3 yaitu tema DIRI SENDIRI dengan subtemanya adalah TUBUHKU, PANCA INDERAKU, dan KESUKAANKU.
  2. Kompetensi Dasar (KD) : Untuk KD pada pembuatan RPPM PAUD yaitu bisa lihat di PROMES yang telah dibuat pada Semester 1 yang berisi Nomor KD dan Tingkat Perkembangannya seperti : Nilai Agama dan Moral (NAM), Fisik Motorik (FM), Kognitif (KOG), Bahasa (BHS), Sosial Emosional (SOSEM), dan Seni (SN).
  3. Materi yaitu Materi setiap Kommpetensi Dasar (KD) dan Tingkat Perkembangannya.
  4. Kegiatan Main adalah Kegiatan yang dilakukan anak PAUD dalam seminggu dan nantinya akan dibuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).
Apabila anda belum mempunyai PROTA dan PROMES sebagai acuan membuat RPPM PAUD bisa anda lihat di artikel sebelumnya yang telah kami buat di semester ini.
Untuk lebih jelasnya bisa kita simak baik-baik mengenai bagian-bagian yang ada pada RPPM PAUD Daring BDR Tahun Pelajaran 2021/2022 yang telah kami buat. Berikut RPPM PAUD yang bisa dijadikan referensi untuk bunda-bunda sekalian dalam membuat salah satu administrasi guru atau sekolah.
  1. RPPM PAUD Daring BDR Minggu ke 1 Tema Diri Sendiri Subtema Tubuhku;
  2. RPPM PAUD Daring BDR Minggu ke 2 Tema Diri Sendiri Subtema Pancainderaku; dan
  3. RPPM PAUD Daring BDR Minggu ke 3 Tema Diri Sendiri Subtema Kesukaanku.
Banyak sekali artikel -artikel yang berkaitan dengan administrasi PAUD lainnya yang terbaru dalam masa pandemi Corona Virus atau Covid-19 yang sedang melanda di Indonesia termasuk di Dunia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Semoga artikel ini bermanfaat bagi bunda-bunda sekalian dalam membuat administrasi.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "RPPM PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022"