Pages

Cara Membuat Rencana dan Laporan di Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021

Cara Membuat Rencana dan Laporan di Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021. Dalam rangka persiapan pencairan dana BOP Tahap 2 setiap jenjang PAUD baik itu TK, KB, SPS dan lainnya diwajibkan untuk melaporkan dana BOP PAUD tahap 1 tahun 2021 secara online di Aplikasi BOP PAUD Kemendikbud. Cara menggunakan aplikasi tersebut sebenarnya sangatlah mudah karena sudah disediakan oleh kemendikbud tutorial cara menggunakannya. Namun disini kami akan memperjelas kembali agar bunda-bunda PAUD bisa dengan mudah menggunakan Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021.

Cara Membuat Laporan di Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021
Cara Membuat Laporan di Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021

Untuk itu mari kita simak baik-baik langkah-langkahnya, jangan sampai terlewat ya bunda-bunda PAUD karena laporan ini sangatlah penting sebagai syarat pencairan dana BOP Tahap 2. Berikut langkah-langkah dalam mengisi pelaporan dana BOP PAUD Tahap 1.

  • MASUK KE SITUS APLIKASI BOP PAUD 2021
Langkah pertama bunda harus masuk ke situs aplikasi BOP PAUD yaitu https://bop.kemdikbud.go.id/. Pilih menu "Login BOP" yang ada di atas logo Tut Wuri Handayani. Pilih login menggunakan "SSO" Dapodik yang berwarna hijau tua. Masukkan username dan password seperti anda masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD Versi terbaru.
  • MENU-MENU APLIKASI BOP PAUD 2021
Setelah anda masuk ke Aplikasi BOP PAUD 2021 menggunakan SSO Dapodik apabila berhasil maka bunda-bunda akan melihat menu-menu Aplikasi BOP PAUD seperti : "Data Dapodik", "Data Perencanaan", dan "Data Laporan". 
  1. Data Dapodik berisi jumlah peserta didik yang sesuai dengan kriteria (peserta didik yang memenuhi syarat mendapatkan dana BOP PAUD 2021), Peserta didik tidak sesuai kriteria (Peserta didik yang tidak memenuhi syarat karena ada data yang tidak valid atau usia peserta didik yang tidak cukup), dan Peserta didik ganda ( maksudnya peserta didik yang terdaftar di aplikasi dapodik bunda ganda dengan sekolah lain). Untuk mengetahui ketidaksesuaian dan sesuai kriteria bisa dilihat Data Dapodik dan tarik kebawah maka bunda akan melihat nama-nama peserta didik yang memenuhi kriteria, tidak memenuhi dan ganda. Untuk perbaikan data peserta didik tersebut bisa dilihat di situs vervalpd pada menu residu.
  2. Data Perencanaan berisi rencana-rencana anggaran seperti yang tertuang pada Rencana Anggaran Biaya (RAB) BOP PAUD yang bunda-bunda buat di awal tahun yang sesuai dengan Juknis BOP PAUD Tahun 2021.
  3. Data Laporan berisi laporan realisasi yang sesuai dengan rencana anggaran yang telaah dibuat.
Baca artikel terkait :
  • MEMBUAT RENCANA ANGGARAN DANA BOP TAHAP 1
    Masukkan rencana kegiatan dan anggaran BOP PAUD 2021
    Masukkan rencana kegiatan dan anggaran BOP PAUD 2021

Untuk menginput atau mengisi rencana anggaran, bunda harus mempersiapkan RAB BOP PAUD terlebih dahulu agar nantinya ketika mengisi perencanaan anggaran di Aplikasi BOP PAUD 2021 tidak terjadi kesalahan. Apabila sudah disiapkan sekarang bunda bisa pilih menu Data Perencanaan dan tarik kebawah maka bunda akan melihat menu isian perencanaan berupa : Jenis Komponen, Jenis Penggunaan, Nama Barang/jasa yang dibelanjakan, Jumlah Barang yang dibelanjakan, Satuan, dan Harga Satuan. Untuk penjelasannya bisa bunda lihat dibawah ini.
  1. Jenis Komponen terdiri dari Pelaksanaan Kegiatan Operasional Pembelajaran, Pelaksanaan Kegiatan Pendukung Pembelajaran, dan Pemenuhan Administrasi Satuan Pendidikan.
  2. Jenis Penggunaan: tergantung Jenis Komponen yang dipilih misalkan bunda memilih komponen 
  3. Pelaksanaan Kegiatan Operasional Pembelajaran maka jenis penggunaanya yaitu antara lain : a. Pasir kinetik, bola dunia untuk tema alam semesta, b. Kartu gambar binatang, puzzle binatang untuk tema binatang, c. Replikasi kendaraan, replikasi komponen kendaraan untuk tema kendaraan, d. Pakaian adat, alat musik tradisional untuk tema budaya, e. Peralatan masak, replika makanan untuk tema makanan, dan f. Peralatan atau bahan lainnya sesuai dengan tema yang dilaksanakan dalam pembelajaran dan bermain. 
  4. Pelaksanaan Pendukung Pembelajaran jenis penggunaaannya adalah a. Menyediakan makanan sehat b. Menyediakan alat-alat deteksi dini tumbuh kembang c. Pelaksanaan kegiatan pertemuan dengan orangtua peserta didik d. Pembayaran Honorariun Pendidik e. Penyedia bahan lainnya atau kegiatan yang mendukung proses pembelajaran dan bermain yang efektif. 
  5. Pemenuhan administrasi satuan pendidikan jenis penggunaan barang/jasa antara lain : a. Penyediaan alat-alat administrasi, b. Penyediaan obat-obatan peralatan kebersihan atau kesehatan, c. Penyediaan bahan atau peralatan untuk merawat sarana dan prasarana d. Penyediaan langganan daya dan jasa seperti listrik, telepon, internet, dan air, e. Penyediaan bahan atau peralatan lainnya yang dibutuhkan satuan pendidikan.
Input setiap komponen barang dan jasa satu persatu dalam perencanaan dan pilih simpan untuk menyimpan hasil input perencanaan bunda.
  • MEMBUAT LAPORAN REALISASI BOP PAUD TAHAP 1
    Input barang yang dibelanjakan dana BOP PAUD 2021
    Input barang yang dibelanjakan dana BOP PAUD 2021

Setelah perencanaan dibuat maka saatnya bunda-bunda sekalian membuat pelaporan realisasi penggunaan dana BOP PAUD Tahun 2021 baik tahap 1 dan 2. Perlu diingatkan kembali bahwa pelaporan dana BOP di Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021 tidak akan bisa dilakukan apabila bunda-bunda belum membuat perencanaan. Untuk pengisian menu laporan itu sama seperti mengisi/menginput barang dan jasa pada menu perencanaan yaitu bunda-bunda memasukkan Jenis Komponen, Jenis Penggunaan, Nama barang/jasa yang dibelanjakan, Jumlah Barang, Satuan dan Harga Satuan terus Pilih Simpan.

Itulah sedikit tutorial mengenai bagaimana cara menggunakan Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021/2022 baik dalam perencanaan dan pelaporan Tahap 1 dan 2. Untuk lebih jelasnya bunda-bunda bisa lihat dalam file PDF mengenai Cara Menggunakan Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021.


Semoga artikel tutorial mengenai cara membuat pelaporan pada aplikasi BOP PAUD Tahun 2021/2022 baik Tahap 1 dan 2 bisa bermanfaat bagi bunda di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan lainnya yang kesulitan melaporkan dana BOP PAUD secara online.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Rencana dan Laporan di Aplikasi BOP PAUD Tahun 2021"

Posting Komentar