Pages

Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembiayaan PAUD Tahun 2021/2022

Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembiayaan PAUD Tahun 2021/2022. Dalam setiap proses dibutuhkan sebuah standar operasional agar pelaksanaan tidak menyimpang jauh dari apa yang sudah ditujukan serta aturan berlaku. Peraturan tersebut disebut sebagai Standar Operasional Prosedur (SOP). Salah satu hal yang harus dibuat dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu Standar Pembiayaan. 
Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembiayaan PAUD Tahun 2021/2022
Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembiayaan PAUD Tahun 2021/2022


TUJUAN SOP PEMBIAYAAN
SOP pembiayaan ini dibuat sebagai acuan bagi orang tua /wali siswa dalam masalah pembiayaan pembelajaran serta laporan penggunaan anggaran pendidikan. 

REFERENSI atau DASAR HUKUM
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus

PIHAK-PIHAK TERKAIT
Kepala Lembaga, Guru, Tendik, dan Orang Tua

PROSEDUR KERJA
1. Pembiayaan, meliputi jenis, sumber, dan pemanfaatan, serta pengawasan dan pertanggung jawaban dalam penyelenggaraan dan pengembangan lembaga PAUD yang dikelola secara baik dan transparan.

2. Jenis dan Pemanfaatannya :
a. Biaya investasi, dipergunakan untuk pengadaan sarana prasarana, pengembangan SDM, dan modal   kerja tetap.
b. Biaya operasional digunakan untuk gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta tunjangan yang        melekat, bahan atau peralatan pendidikan habis pakai dan biaya operasional pendidikan tidak langsung
c. Biaya personal meliputi biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

3. Sumber Pembiayaan  meliputi Biaya investasi, biaya operasional,  biaya personal dapat diperoleh dari pemerintah, pemerintah daerah, yayasan, partisipasi masyarakat dan/atau pihak lain yang tidak mengikat. Dapat juga meliputi biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

4. Pengawasan dan Pertanggungjawaban yaitu lembaga memiliki mekanisme untuk melakukan pengawasan dan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan peraturan yang berlaku

5. Bukti fisik pada pembiayaan ini juga berhubungan dengan standar-standar lainnya, sehingga untuk melengkapi dengan file berikut ini : 
  • Rencaba Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah;
  • Administrasi Keuangan lengkap;
  • APBS TK PAUD KB TPA;
  • Buku Bantu Kas Tunai;
  • Buku KAS Umum;
  • RAPBS TK PAUD KB TPA; dan
  • Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja

Semua ketentuan-ketentuan harus dilaksanakan dan terpenuhi agar memenuhi syarat dalam standar operasional prosedur pembiayaan.


Baca artikel terkait seperti : 

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi guru-guru di jenjang PAUD yang mengalami kesulitan dalam membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) PAUD di masa pandemi saat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembiayaan PAUD Tahun 2021/2022"

Posting Komentar