Pages

Program Semester (PROSEM) PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022

Program Semester (PROSEM) PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Setiap awal semester guru diwajibkan untuk membuat administrasi berupa Program Semester. Program semester tersebut berisi mengenai proses pembelajaran dalam 1 semester. Program Semester sering kita kenal dengan sebutan PROSEM atau PROMES. Pembuatan program semester ini berlaku untuk semua jenjang baik dari Jenjang PAUD, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun dalam artikel ini yang akan kita bahas lebih lanjut yaitu Program Semester di Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 pada jenjang PAUD.

Program Semester (PROSEM) PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022
Program Semester (PROSEM) PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022

Sebenarnya semua jenjang dalam pembuatan PROSEM/PROMES sama hanya saja berbeda pada isi dan format saja. Dalam pembuatan PROSEM/PROMES di jenjang PAUD harus mengacu pada Standar Nasioan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Pada jenjang PAUD terdiri atas Kelompok Bermain (KB) rentang usia 3 sampai 4 tahun, Taman Kanak-kanak (TK) rentang usia 4 sampai 6 tahun. Karena rentang umurnya berbeda dalam pembuatan PROMES/PROSEMpun berbeda pula. Semakin tinggi usia anak semakin tinggi juga pola berpikir anak sehingga mempengaruhi tingkat kesukaran materi yang akan dicapai. Kemampuan anak dimulai dari Konkret ke Abstrak atau dari benda yang nampak ke benda yang tidak nampak. Untuk itu mari kita bahas lebih mendalam mengenai pembuatan PROMES/PROSEM PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Pada format PROMES PAUD yang dibahas dalam artikel ini yaitu berupa tabel yang mempunyai beberapa kolom yaitu 

Kolom 1. Kompetensi Dasar

Kolom 2. Indikator

Kolom 3. Minggu Efektif

Cara membuat PROMES tersebut yaitu bunda PAUD tinggal mengisi dikolom minggu efektif dengan melihat Kompetensi Dasar dan Indikator yang akan dicapai. Dalam kolom1 atau Kompetensi Dasar dikelompokkan pada capaian perkembangan antara lain : NAM (Nilai Agama dan Moral) , FM (Fisik Motorik), KG (Kognitif), BHS (Bahasa), SOSEM (Sosial Emosional) dan SN (Seni).

Pada penulisan KD dan Capaian Perkembangan dalam pembuatan PROSEM PAUD di Semester 2 dibuat berdasarkan Program Tahunan (PROTA) yang sudah jadi di awal tahun pelajaran 2021/2022.

Baca artikel terkait :

Untuk Prosem PAUD Semester 2 anda bisa melihat secara langsung contohnya dengan format microsoft Word agar lebih mempermudah dalam membuat administrasi PAUD bunda.


Semoga penjelasan kami dalam artikel ini dapat dipahami dalam pembuatan Program Semester (PROSEM/PROMES) PAUD di Semester 2 ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kosakata bahasa yang tertuang di artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Semester (PROSEM) PAUD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022"

Posting Komentar