Pages

Cara Verifikasi Buku Rekening BOP PAUD Tahun 2021

Cara Verifikasi Buku Rekening BOP PAUD Tahun 2021. Banyak sekali jenjang PAUD baik itu KB, SPS, TK, TPA dan lainnya mengalami kendala dalam verifikasi rekening. Sebenarnya verifikasi rekening ini bertujuan untuk mengetahui kebenaran nomor rekening yang tertera pada Dapodik dengan pihak Bank terkait. Apabila pada Aplikasi Dapodik PAUD yang telah dikirim nama dan nomor rekeningnya berbeda, maka dari Aplikasi BOP 2021 akan tertera status rekening sekolah Belum Verifikasi. Untuk itu segera perbaiki data pada Aplikasi Dapodik versi yang terbaru dan sesuaikan dengan buku rekening sekolah. 

Cara Verifikasi Buku Rekening BOP PAUD Tahun 2021
Cara Verifikasi Buku Rekening BOP PAUD Tahun 2021

Apabila tidak segera diperbaiki maka dana BOP tidak akan dicairkan ke rekening sekolah. Untuk itu marilah kita simak baik-baik bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Berikut langkah-langkah yang perlu diambil agar tidak terjadi kesalahan. 

A. Siapkan Dokumen Pendukung untuk Verifikasi Rekening BOP

Dokumen yang perlu disiapkan dalam memperbaiki status rekening yaitu BUKU REKEKING SEKOLAH yang biasa digunakan untuk penerimaan dana BOP PAUD. Diusahakan nama yang tertera di rekening sesuai dengan nama sekolah. Apabila berbeda bisa meminta perbaikan di bank terkait. Disamping nama rekening, yang penting untuk diperhatikan adalah keaktifan buku rekening tersebut. Jangan sampai memasukkan nama dan nomor rekening tidak aktif. Apabila tidak aktif bisa mengaktifkan kembali di bank terkait pada Customer Service (CS) bank.

B. Perbaiki Data Rekening Sekolah di Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022

Setelah data pendukung sudah tersedia dan sesuai serta nomor rekening tersebut aktif, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan nama dan nomor rekening di Aplikasi Dapodik PAUD Versi terbaru seperti versi 2022 sekarang ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD versi terbaru, masukkan email/username sekolah dan password Dapodik serta pilih Masuk/Login.
  2. Pilih menu Sekolah lalu scroll ke bawah dan isi Data Rekening BOP Sekolah antara lain : Nomor Rekening, Nama Bank, Cabang KCP, dan Rekening Atas Nama atau Nama yang tertera pada rekening terus pilih Simpan.
    Ubah data rekening BOP PAUD di Aplikasi Dapodik
    Ubah data rekening BOP PAUD di Aplikasi Dapodik

  3. Kemudian data tersebut anda kirim dengan pilih menu Validasi dan Sinkronisasi di Aplikasi Dapodik Versi 2022.

C. Verifikasi di Laman BOP/BOS Kemendikbud

Untuk verifikasi di laman BOP/BOS Kemendikbud yang perlu anda siapkan adalah Foto dengan format JPG Buku Rekening BOP Sekolah yang tertera Nama Rekening dan Nomor Rekening. Apabila sudah siap selanjutkannya ikuti langkah berikut.

  1. Masuk ke lama BOP/BOS Kemendikbud yaitu https://bos.kemdikbud.go.id/.
  2. Jangan masukkan username dan password dulu tapi Pilih Login Type yaitu Sekolah lalu pilih Login SSO Dapodik.
  3. Masukkan username/email dan password seperti anda masuk di Aplikasi Dapodik lalu pilih Masuk.
  4. Setelah itu masuk ke menu Upload Buku Tabungan/Giro. Pastikan file yang diupload merupakan file dengan format jpg ukuran kurang dari 1 Mb serta terlihat jelas, baik Nama Rekening dan Nomor Rekening BOP.
    Upload Buku Rekening BOP PAUD
    Upload Buku Rekening BOP PAUD

  5. Kemudian masuk ke menu berikutnya yaitu menu Konfirmasi Rekening.
    Verifikasi Buku Rekening BOP PAUD Laman Kemendikbud
    Verifikasi Buku Rekening BOP PAUD Laman Kemendikbud

  6. Pada menu tersebut, Bapak Ibu disuruh untuk mengisi data Update Rekening apabila ada kesalahan atau pergantian rekening dengan mengisi seperti : Kode Bank, Nomor Rekening, Nama Rekening, dan Cabang Bank. Lalu langkah terakhir adalah Update.
Baca artikel terkait seperti :
Itulah serangkaian tutorial mengenai cara verifikasi buku rekening BOP PAUD di tahun 2021 apabila ada kesalahan atau tertera Status Rekening Sekolah Belum Verifikasi. Semoga apa yang kami sampaikan lewat artikel ini bisa bermanfaat untuk bunda-bunda PAUD baik dari TK, KB, SPS, TPA dan lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Verifikasi Buku Rekening BOP PAUD Tahun 2021"

  1. Apa yang salah ya Kaka..kalau sudah mengisi no rekening di dapodik tetapi tidak bisa disimpan..gagal apdate..solusi nya gimana ya kakak?

    BalasHapus
  2. Dicek kembali bunda, harus sesuai dengan buku tabungan yg tertera baik nomor rekening dan nama yg tertera

    BalasHapus