Pages

Cara Verifikasi dan Validasi (VERVAL) Ponsel Jenjang PAUD Tahun 2021/2022

Cara Verifikasi dan Validasi (VERVAL) Ponsel Jenjang PAUD. Dalam proses pembelajaran jarak jauh, kementerian pendidikan telah memberikan sejumlah bantuan kuota belajar, untuk memberikan kelancaran pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bantuan kuota belajar tersebut berlaku selama 1 bulan namun bisa diperpanjang sampai beberapa bulan tergantung pengisian pada Aplikasi Online Verifikasi dan Validasi Nomor Ponsel Peserta Didik dan Tenaga Pendidikan atau Guru. 

Cara Verifikasi dan Validasi (VERVAL) Ponsel Jenjang PAUD Tahun 2021/2022
Cara Verifikasi dan Validasi (VERVAL) Ponsel Jenjang PAUD Tahun 2021/2022

Bantuan kuota belajar tersebut untuk semua jenjang termasuk di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik TK, KB, SPS, TPA dan lainnya. Untuk mendapatkan bantuan tersebut operaator sekolah di jenjang PAUD harus mengentri di Aplikasi Dapodik PAUD versi terbaru di tahun 2021 atau 2022. Setelah dimasukkan di aplikasi dapodik nantinya bunda-bunda operator PAUD harus mengecek nomor tersebut dengan melakukan verval di situs verval ponsel. Dari pusat akan memeriksa keaktifan nomor dengan ditandai warna hijau, apabila berwarna merah berarti tidak aktif atau ada kesalahan entry sehingga nomor tersebut harus diganti.

Berikut langkah-langkah dalam verifikasi dan validasi VERVAL PONSEL JENJANG PAUD Tahun 2021/2022. Jangan sampai terlewat satu langkah pun yah bunda-bunda operator PAUD. Selamat mencoba.

A. ENTRI NOMOR HP MELALUI APLIKASI DAPODIK PAUD

  1. Masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD Versi terbaru 2021/2022 dengan memasukkan username / email sekolah dan password.
  2. Pilih menu peserta didik lalu pilih "Ubah", scroll kebawah yang bertuliskan nomor ponsel, maka masukkan nomor ponsel peserta didik yang akan diajukan bantuan kuota.
    Verval Ponsel PAUD lewat Aplikasi Dapodik PAUD
    Verval Ponsel PAUD lewat Aplikasi Dapodik PAUD
  3. Setelah selesai memasukkan nomor ponsel baik peserta didik atau guru langkah selanjurnya yaitu kirim data tersebut dengan cara Validasi dan Sinkronisasi Aplikasi Dapodik PAUD tersebut sampai terkirim 100 % (Seratus Persen).
B. ENTRI NOMOR HP MELALUI VERVAL PONSEL
  1. Entri nomor ponsel di verval ponsel di lakukan apabila data dari dapodik sudah masuk ke situs tersebut, tetapi apabila sampai sekarang setelah sinkronisasi tidak kunjung berubah atau masuk, maka bunda-bunda operator PAUD bisa memasukkan secara manual di situs VERVAL PONSEL. 
    Login Verval Ponsel PAUD
    Login Verval Ponsel PAUD

  2. Masukkan nomor ponsel peserta didik dan guru di situs Verval Ponsel Kemendikbud. lalu pilih menu "Verval Nomor Ponsel". Kemudian masukkan username dan password seperti anda masuk pada verval ptk atau verval pd. Apabila belum pernah masuk, maka bunda-bunda paud harus registrasi terlebih dahulu dengan cara berikut "Cara Registrasi Akun Verval Ponsel".
  3. Ketuk tanda pensil pada kolom verifikasi untuk memasukkan nomor ponsel. Tunggu sampai nanti berwarna hijau. Warna Hijau Muda artinya Siap SPTJM, Biru Muda artinya Nomor Ponsel Aktif, Kuning Muda artinya sedang proses Validasi, dan Merah Muda artinya Nomor Ponsel Tidak Aktif. Untuk itu bunda operator PAUD harus memantau terus agar semua nomor baik peserta didik maupun pendidik berwarna hijau muda.
  4. Apabila sudah berwwarna Hijau Muda semua maka siap di SPTJMkan.
C. SPTJM NOMOR PONSEL VERVAL PONSEL
  1. Menu SPTJM Verval Ponsel ini digunakan apabila semua nomor ponsel sudah berwarna hijau. Ketika sudah maka bunda masuk ke situs verval ponsel kemendikbud dengan memilih Log In SPTJM/PKS/BAST. Lalu masukkan username dan password seperti anda masuk di menu verval tadi.
    Verval Ponsel PAUD Upload SPTJM dan BAST
    Verval Ponsel PAUD Upload SPTJM dan BAST

  2. Setelah itu download SPTJM dan BAST (Berita Acara Serah Terima) ditandatangani Kepala Sekolah serta dibubuhi materai 10.000 dan dibubuhi stempel. 
  3. Apabila sudah lalu berkas tersebut di scan dan di Upload.
  4. Selesai, tunggu sampai ada keterangan centrang hijau berarti semua daftar nama yang ada di SPTJM akan mendapatkan bantuan kuota di awal bulan yang akan datang.
Semoga bermanfaat, silahkan bunda-bunda operator PAUD bisa bertanya dikolom komentar apabila ada yang kurang tepat atau kurang jelas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Verifikasi dan Validasi (VERVAL) Ponsel Jenjang PAUD Tahun 2021/2022"

Posting Komentar