Pages

Program Semester (PROMES) PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Program Semester (PROMES) PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam melaksanakan proses pembelajaran harus di awali dengan sebuah perencanaan. Perencanaan ini dimaksud agar proses pembelajaran tersebut berjalan dengan optimal sesuai dengan keinginan kita. Perencanaan ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan dari tingkat bawah sampai atas. Misalnya saja ditingkat bawah yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang meliputi TK, KB, SPS, TPA dan RA dan lainnya yang sederajat, jenjang PAUD tersebut juga wajib membuat sebuah perencana dari mulai Awal Ajaran Baru sampai akhir Ajaran. 

Program Semester (PROMES) PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022
Program Semester (PROMES) PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022


Pembuatan perencanaan pada PAUD ada 4 macam yaitu Program Tahunan (Prota), Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Untuk Prota PAUD Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah kami buat sedemikian rupa di awal ajaran baru, silahkan anda bisa lihat di artikel yang berjudul Prota PAUD Tahun Pelajaran 2021/2022.


Untuk Program Semester ini adalah sebuah perencanaan yang mencakup kegiatan sekolah atau PAUD dalam lingkup waktu 1 semester. Berarti dalam 1 tahun ada 2 Promes yang harus dibuat oleh guru PAUD. Promes Semester 1 dan Semester 2 yang dibuat di masing-masing awal semester. Setiap jenjang mempunyai format tersendiri dalam pembuatan PROMES, dalam kali ini kita akan membahas jauh lebih dalam mengenai format yang ada di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, TPA dan RA. Bagian-bagian yang ada pada Promes PAUD semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu antara lain:

  1. Tingkat Perkembangan : Nilai Agama dan Moral (NAM), FM (Fisik Motorik), KOG (Kognitif), BHS (Bahasa), SOSEM (Sosial Emosional) dan SN (Seni);
  2. Kompetensi Dasar (KD) yang ada di jenjang PAUD berdasarkan Standar Nasional PAUD Kurikulum 2013 Kemendikbud No. 137 Tahun 2014;
  3. Tema, Subtema dan Sub-subtema. Tema dan subtema yang dimaksud adalah pada semester yang akan datang misalkan tema dalam semester 1 (Diri Sendiri, Keluargaku, Lingkunganku, Binatang dan Tanaman). Untuk sub tema contohnya yaitu di tema Diri Sendiri sub temanya adalah Tubuhku, Panca Indera dan Kesukaanku. Sedangkan sub-sub tema adalah penjabaran dari subtema misalnya tema Diri Sendiri subtema Tubuhku maka sub-subtemanya ialah Bagian-bagian tubuhku, Fungsi Tubuh, dan Ciri-ciri tubuh; dan
  4. Alokasi Waktu, maksudnya adalah alokasi waktu yang dibutuhkan untuk dilaksanakannya proses pembelajaran tersebut dalam 1 tema misalkan tema Diri Sendiri membutuhkan waktu 3 minggu dimulai dari awal ajaran baru.
Setelah membuat PROMES PAUD nantinya bunda-bunda dianjurkan untuk membuat RPPM PAUD karena administrasi tersebut merupakan wajib dibuat. 
Promes/Prosem yang kami buat ini kami ubah dengan sedikit ringkas agar mudah dipahami yaitu hamua tingkat perkembangan dan Kompetensi Dasar saja. Untuk lebih rincinya bisa anda lihat Promes tersebut secara langsung.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Temukan info-info lainnya dalamm artikel di blog kami yang terbaru. Mohon maaf bunda-bunda sekalian yang ada di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, TPA dan RA serta lainnya apabila ada kesalahan dalam pembuatan artikel ini yang berjudul salah satu administrasi guru PAUD yaitu Promes Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Semester (PROMES) PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022"

Posting Komentar