Pages

RPPH PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

RPPH PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Sebelum melakukan proses pembelajaran guru diharapkan mampu membuat sebuah salah satu administrasi guru yang wajib dibuat sebelum proses pembelajaran yaitu membuat sebuah perencanaan. Perencanaan yang dimaksud yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). RPPH ini berlaku di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi TK, KB, SPS, RA, dan TPA serta lainnya yang sederajat dengan PAUD. RPPH PAUD yang dimaksud adalah RPPH yang mencakup pembelajaran dalam sehari. RPPH PAUD saat ini harus menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada di lingkungan sekitar. Apabila sekarang ini sedang dalam masa pandemi, dimana guru tidak boleh melaksanakan proses pembelajaran secara langsung atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) maka guru diharapkan mampu menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran secara daring atau jarak jauh. 

RPPH PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022
RPPH PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Banyak sekali medote-metode atau alat yang dapat diterapkan oleh guru untuk melakukan proses pembelajaran daring yaitu bisa melalui Whats App, Google Meet, Zoom Meeting dan lain sebagainya sebagai pengganti tatap muka. Proses pembelajaran PAUD menggunakan Daring maka akan berpengaruh dalam pembuatan RPPH dalam segi isi dan kegiatan pembelajaran. RPPH PAUD Daring sebenarnya sama dengan RPPH pada umumnya dalam PTM namun bedanya adalah dalam penyampaian secara tertulis di kegiatan mengajar.
Berikut bagian-bagian dalam RPPH PAUD Daring Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 : 
  1. Kompetensi Dasar (KD) :  Kompetensi dasar merupakan sasaran atau tujuan yang akan dicapai dari peserta didik PAUD yang diharapkan oleh guru. Biasanya berisi angka atau kode seperti angka 1 = Sikap Spiritual, 2 = Sikap Sosial, 3 = Pengetahuan dan 4 = Keterampilan.
  2. Aspek Pengembangan: Aspek pengembangan dalam pembuatan RPPH PAUD Daring yaitu seperti NAM (Nilai Agama dan Moral), FM (Fisik Motorik), KOG ( Kognitif), BHS (Bahasa), dan SN (Seni).
  3. Indikator: Indikator yang dimaksud adalah tujuan yang harus dicapai dari setiap Aspek Pengembangan.
  4. Kegiatan Pembelajaran: Kegiatan Pembelajaran yang dimaksud adalah Kegiatan Awal, Inti, Istirahat dan Penutup pembelajaran.
  5. Alat atau Sumber Belajar: Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses prmbelajaran seperti alat peraga, dan alat lainnya yang mendukung proses pembelajaran sesuai materi yang akan disampaikan oleh guru PAUD.
  6. Penilaian Perkembangan Anak : Dilihat dari alat yang dihasilkan oleh peserta didik dan hasil akhir dari kegiatan penilaian.
Pembuatan RPPH PAUD Daring harus mengacu pada RPPM PAUD Tema Diri Sendiri, Promes dan Prota yang telah dibuat sebelumnya. Untuk itu bunda bisa lihat terlebih dahulu RPPM, Promes dan Prota pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 yang telah kami buat di artikel sebelumnya.

Baca artikel terkait seperti :
Untuk RPPH PAUD Daring dengan tema Diri Sendiri terdapat 3 subtema yaitu Identitasku, Tubuhku dan Kesukaanku. Setiap subtema akan dijadikan menjadi RPPM PAUD sedangkan setiap sub-subtema dijadikan sebagai RPPH PAUD. Pada subtema tersebut nantinya dijabarkan lagi menjadi sub-sub tema pada setap subtema. Disetiap sub-subtema itulah nantinya akan dijadikan sebagai materi yang akan diajarkan setiap harinya atau dibuat RPPH PAUD Daring. Untuk sub-subtema dari setiap subtema tersebut antara lain :
  1. Identitasku, dengan sub-subtemanya yaitu Namaku, Jenis Kelamin, Agamaku, dan Alamatku;
  2. Tubuhku, dengan sub-subtemanya yaitu Anggota tubuh, Bagian-bagian anggota tubuh, Fungsi anggota tubuh, Panca Indera, Kebersihan tempa tidur, Kebersihan lingkungan, Kebersihan badan, Kebersihan gigi dan rambut, Kesehatan, dan Keamanan diri; dan
  3. Kesukaanku, dengan sub-subtemanya yaitu Makanan dan minuman, Mainan kesukaan, Kegiatan kesukaan, Makanan kecil, Bermain bola, Es krim, 4 Sehat 5 Sempurna, Aneka minuman, Anak Sholeh, dan Menggambar.
Setelah mengetahui bagaimana cara membuat RPPH PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri bisa anda lihat secara langsung pada RPPH yang telah kita buat sebelumnya pada Microsoft Word dan dapat anda lihat di Google Drive.
  1. RPPH PAUD Daring Minggu ke 1 Tema Diri Sendiri Subtema Identitasku;
  2. RPPH PAUD Daring Minggu ke 2 Tema Diri Sendiri Subtema Tubuhku; dan
  3. RPPH PAUD Daring Minggu ke 3 Tema Diri Sendiri Subtema Kesukaanku.
Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat serta dijadikan referensi untuk bunda-bunda sekalian yang mencari administrasi PAUD lebih tepatnya mengenai RPPH PAUD Daring Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPPH PAUD Daring BDR Tema Diri Sendiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022"

Posting Komentar