Pages

Panduan Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Jenjang PAUD Tahun 2022

Panduan Pendaftaran Peserta PPG Dalam Jabatan Jenjang PAUD Tahun 2022. Dalam mengerjakan segala sesuatu kita harus membaca petunjuk atau panduan terlebih dahulu. Karena dengan membaca panduan kita tidak akan salah melangkah dan tidak terjadi kesalahan yang begitu fatal. Salah satu hal yang penting untuk membaca panduan terlebih dahulu yaitu dalam proses pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan yang sekarang ini sudah dibuka di awal tahun 2022. Peserta PPG yang dimaksud diperuntukkan bagi guru yang mengajar di jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan lainnya baik guru di sekolah negeri maupun swasta kecuali guru dalam naungan Kemenag tidak termasuk dalam PPG Daljab di Kemendikbud. Sebelum mendaftarkan diri sebagai Calon peserta PPG bapak ibu harus memenuhi syarat sebagai berikut .

  • Status PNS/CPNS, Non PNS, dan GTY;
  • Ijazah harus linier dengan bidang study
  • Memiliki NUPTK
  • Tanggal Mulai Tugas (TMT) Awal Minimal sebelum tahun 2019
    Pendaftaran PPG Daljab Jenjang PAUD Tahun 2022
    Pendaftaran PPG Daljab Jenjang PAUD Tahun 2022
Untuk mengetahui hal tersebut bapak ibu bisa melihat di situs ppg.simpkb.id. Setelah itu masukkan username dan password yang biasa dimasukkan dalam situs SIMPKB dengan ciri-ciri username di awali dengan nomor UKG @guruku.id. Ketika sudah masuk ke situs ppg.simpkb.id maka akan terpampang status biodata anda. Apabila sudah memenuhi syarat diatas bapak ibu merupakan calon kandidat PPG Tahun 2022 dan bisa langsung lengkapi profil dengan pilih menu lengkapi profil.
Dalam melengkapi profil ada beberapa menu yang harus dilengkapi yaitu sebagai berikut.
  1. BIODATA DIRI
  2. LINIERITAS S1/D4 DENGAN BIDANG STUDY PPG
  3. BIDANG STUDY PPG
  4. BERKAS PENDUKUNG
Sebelum bapak ibu melengkapi data profil keempat diatas, persiapkan dulu berkas-berkas pendukung yang discan dengan format PDF ukuran file tidak lebih dari 1,4 Mb. Untuk berkas-berkas pendukung yang perlu dipersiapkan bisa Asli atau Legalisir Pejabat yang menandatangani berkas tersebut. Berkas pendukung untuk pengajuan calon kandidat peserta PPG Daljab Tahun 2022 yaitu.
  • Ijazah S1 yang linier dengan bidang study
  • SK pengangkatan awal sebagai guru
  • SK pengangkatan terakhir
  • Surat Keputusan Pembagian Tugas Mengajar selama 2 tahun terakhir dari tahun pelajaran 2020/2021 sampai 2021/2022. (Unduh Contoh SKPBM)
  • Pakta Integritas dibubuhi materai 10.000 yang menyatakan bahwa berkas tersebut sudah dinyatakan benar dan tidak ada yang salah. (Unduh Contoh Pakta Integritas)
Setelah semuanya lengkap dengan tanda centang hijau, maka bapak ibu bisa mengakhiri proses pendaftaran dengan pilih Ajukan Berkas PPG. Bapak ibu tinggal menunggu verifikasi berkas dari LPMP setempat, kurang lebih memakan waktu 3 hari. Jawaban dari tim verifikasi LPMP ada 3 jawaban yaitu disetujui, ditolak (perbaikan), dan ditolak permanen.
  • Disetujui, berarti berkas yang telah anda upload dan pengisian data telah sesuai dan memenuhi syarat sebagai kandidat peserta PPG Daljab tahun 2022;
  • Ditolak, artinya bapak ibu ada kesalahan dalam pengisian biodata,  ada kesalahan file yang diupload, atau bisa juga file yang telah diupload tidak jelas. Dan ini bisa diperbaiki serta pengajuan verifikasi kembali. Intinya masih ada kesempatan untuk diperbaiki.
  • Ditolak Permanen, artinya Bapak Ibu tidak memenuhi syarat misalnya Ijazah yang tertera dan Bidang Study tidak linier.
Apabila ada kesalahan dalam Biodata bapak ibu baik itu TMT awal pengangkatan dan Ijazah, anda dapat memperbaiki data tersebut di Aplikasi Dapodik. Perbaikan TMT awal pengangkatan di menu Riwayat Karir atau Pekerjaan sedangkan perbaikan Ijazah di situs Dapodik Online. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di artikel yang sudah kamu buat sebelumnya yaitu sebagai berikut.

Baca artikel terkait :
Itulah bapak ibu guru baik dijenjang PAUD, SD, SMP dan lainnya bisa dilihat dan praktekkan sendiri sesuai panduan yang telah kami jelaskan di artikel ini. Untuk lebih lengkap dan jelasnya bisa bapak ibu baca Panduan Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan pada file berikut.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi bapak ibu semua khususnya di jenjang PAUD. Mohon maaf apabila ada kata yang kurang tepat dalam penulisan di artikel ini. Kami doakan semoga bapak ibu yang mengajar di jenjang PAUD, SD, SMP dan lainnya bisa mengikuti PPG Dalam Jabatan di tahun 2022 ini yang memenuhi syarat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Jenjang PAUD Tahun 2022"

Posting Komentar