Pages

CARA MEMPERBAIKI DATA SISWA PAUD MELALUI VERVAL PD TAHUN 2022/2023

CARA MEMPERBAIKI DATA SISWA PAUD MELALUI VERVAL PD TAHUN 2022/2023. Dalam pengentrian data siswa biasanya guru ketika mengentri data ada kekeliruan yang disebabkan karena deadline waktu, oraangtua murid tidak menyerahkan berkas pendukung identitas siswa. Sehingga mengakibatkan data yang dientri di aplikasi dapodik tahun 2023 tidak valid. Memang bisa dikirim melalui aplikasi dapodik versi terbaru, namun ketika di Verifikasi dan Validasi Peserta Didik yang kita kenal dengan VervalPD akan mengakibatkan tidak valid. Ketidakvalidan tersebut disebabkan oleh data yang dientri oleh operator PAUD tidak sesuai dengan database Dukcapil.

Sejak tahun 2017 sampai sekarang aplikasi dapodik sudah terintegrasi dengan data Dukcapil, itu disebabkan karena banyak data siswa ganda, bahkan ada data siswa fiktif atau manipulasi, untuk itu agar tidak terjadi hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memadukan data yang di entri oleh operator sekolah melalui Aplikasi Dapodik PAUD dengan Data Dukcapil.

Apakah ada pengaruhnya apabila data tidak sesuai dengan Dukcapil? Jawabannya adalah jelas ada. Pengaruhnya yaitu sebagai berikut.

1. Siswa yang dinyatakan tidak valid tidak akan mendapatkan dana BOP

2. Siswa yang dinyatakan tidak valid tidak mendapatkan bantuan-bantuan seperti PIP

3. Jumlah yang terdeteksi di Kementerian hanya yang valid saja, sehingga apabila banyak yang tidak valid maka semakin kurang juga siswa dimata kementerian.

Untuk itulah pentingnya kita menvalidasi data peserta didik. Namun bagaimana caranya untuk memperbaiki data yang sudah terlanjut dientri dan terdeteksi tidak valid dengan ditandai silang. Mari kita simak langkah-langkahnya dalam memperbaiki data siswa PAUD yang ada di Aplikasi Dapodik melalui vervalPD. Berikut langkah-lagkahnya.

Langkah 1. Masuk ke laman verval PD yang baru yaitu VERVALPD Kemendikbud

Langkah 2. Cari menu login yang terletak di pojok kanan atas, dan masukkan username dan password yang terdaftar di sdm.data.kemdikbud

Login Verval PD PAUD
Login Verval PD PAUD

Langkah 3. Cek data yang tidak valid di menu Residu. Di dalam menu Residu terdapat nama-nama siswa yang tidak valid, ketidak validannya bervariasi seperti : NISN, Nama Siswa, Tempat dan Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung dan NIK peserta didik. Apabila di menu residu tidak ada nama peserta didik, dipastikan tidak ada siswa yang salah tidak perlu untuk mengubah data yang sudah benar.

Menu Residu Verval PD PAUD
Menu Residu Verval PD PAUD

Langkah 4. Jika pada menu residu ada nama peserta didik berarti ada kesalahan yang harus diperbaiki yaitu masuk ke menu pengelolaan Edit NISN dan Identitas

  1. Apabila kesalahnnya pada NISN maka masuk ke menu Edit NISN
  2. Jika kesalahannya di Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Ibu Kandung dan NIK maka masuk ke menu Edit Identitas. Untuk perbaikan identitas pastikan sudah dipersiapkan dokumen pendukung sesuai dengan data Dukcapil sepeti : Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

Langkah 5. Ada 2 macam perbaikan data yaitu edit NISN dan Edit Identitas

  1. Menu Edit NISN, Pilih siswa yang akan diperbaiki NISNnya, NISN yang boleh diklaim adalah NISN yang tidak dipakai oleh siswa yang aktif. Pastikan cek NISN di situs nisn.data.kemdikbud.go.id, setelah yakin NISN yang akan dklaim adalah NISN yang tidak bertuan maka masukkan NISNnya di kolom Formulir Perubahan NISN Baru lalu piih cek data master.
    Perbaikan NISN Siswa Invalid NISN di VervalPD PAUD

  2. Menu Edit Identitas, Pilih siswa yang terdapat tanda silang merah di menu Residu yang kaitannya dengan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Nama Ibu dan NIK. Lalu masukkan data yang perlu dirubah di kolom baru. Selanjutnya pilih Validasi Data.
    Perbaikan identitas siswa di Verval PD PAUD

Langkah 6. Pantau terus data yang sudah diedit tadi di menu Pengajuan Edit Identitas
Langkah 7. Apabila sudah disetujui, lakukan sinkronisasi di Aplikasi Dapodik PAUD maka data yang sudah di rubah di menu Verval PD akan masuk ke Aplikasi Dapodik. 

Itulah yang dapat kami bantu bagi bunda-bunda operator di jenjang PAUD yang mengalami kesulitan dalam perubahan data siswa PAUD. Semoga artikel ini bermanfaat bagi bunda sekalian.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI DATA SISWA PAUD MELALUI VERVAL PD TAHUN 2022/2023"

Posting Komentar