Pages

Cara Mudah dan Cepat Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022

Cara Mudah Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022. Dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan kita harus sesuai aturan yang ada. Misalkan saja dalam mengerjakan Aplikasi Dapodik Versi 2022 terbaru anda harus melihat Juknis terlebih dahulu syarat standar Spesifikasi perangkat yang digunakan yaitu Laptop/Komputer. Ketika mengerjakan sesuatu sesuai standar yang ada maka nantinya dalam mengerjakan atau mengentri data di Aplikasi Dapodik akan semakin mudah. Berikut spesifikasi laptop yang harus diperhatikan pada Laptop anda yaitu:

1. Prosesor Inter Core i3 atau yang setara contoh AMD A8;

2. Memori Standar 4 GB DDR3;

3. Hard Drive 120 GB SSD/500 GB HDD;

4. Sistem Operasi Wondows 10; dan

5. Aplikasi yang terpasang di web adalah Google Chrome, Mozilla firefox, atau opera.

Cara Mudah dan Cepat Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022
Cara Mudah dan Cepat Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022

Apabila sudah memenuhi syarat diatas, anda bisa memulai untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022. Untuk mengerjakan Dapodik tersebut anda harus mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1. Uninstal terlebih dahulu Aplikasi Dapodik versi lama yang terpasang di Laptop dengan masuk ke Control Panel pilih Uninstal Program lalu pilih Aplikasi Dapodik. Setelah selesai uninstal Aplikasi Dapodik maka dengan sendirinya laptop anda akan Restart ;

Langkah 2. Non Aktifkan anti virus yang terpasang di laptop;

Langkah 3. Unduh dan Instal Aplikasi Dapodik versi 2022 di halaman dapodikdasmen;

Untuk Uninstal dan Instal Aplikasi Dapodik versi 2022 bisa anda lihat di artikel yang telah kami buat sebelumnya.

Baca artikel terkait : Cara Mudah Uninstal dan Instal Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022

Langkah 4. Ketika sudah terinstal, langkah selanjutnya yaitu Registrasi. Untuk Registrasi ini ada 2 cara yaitu secara Online dan Offline. Untuk registrasi ini tergantung sinyal di lokasi anda sekarang, apabila sinyalnya bagus gunakan Registrasi Online namun apabila sebaliknya maka gunakan Registrasi Offline. Anda bisa melihat langkah-langkah dalam registrasi Online atau Offline diartikel sebelumnya.

Baca juga : Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022 Secara Online dan Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022 Secara Offline

Langkah 5. Setelah registrasi sudah selesai maka anda bisa langsung masuk dan menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 2022 dengan memasukkan Username/Email dan Password yang anda masukkan pada waktu registrasi dan pilih Masuk

Langkah 6. Tunggu sejenak dan akan muncul menu-menu pada Aplikasi tersebut seperti : Sekolah, Sarpras, GTK, Peserta Didik, Rombongan Belajar, Nilai dan Jadwal itulah menu-menu yang harus anda kerjakan dan isi. Kerjakan secara berurutan dimulai dari Atas sampai kebawah. Mari kita bahas setiap menu dimulai dari Sekolah.

Langkah 7. Untuk mempercepat mengerjakan aplikasi Dapodik Versi 2022 gunakan tomboh khusus yaitu Pilih Menu Aksi dan Pilih Salin Data Periodik. Menu tersebut hanya ada di menu Sarpras, GTK/PTK dan Peserta Didik. Selain menu itu seperti Rombongan Belajar (Rombel).

Cara Mudah dan Cepat Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022
Cara Mudah dan Cepat Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022

Langkah 8. Khusus untuk penambahan Peserta Didik baru pada Aplikasi Dapodik dari Sekolah lain contohnya dari Jenjang KB ke TK anda bisa menggunakan Tarik Data yang ada di Manajemen Sekolah secara Online. Untuk lebih jelasnya bisa anda ikuti langkah-langkah pada artikel yang telah kami buat sebelumnya.

Baca juga artikel terkait : Cara Menambahkan Peserta Didik Baru dari Sekolah Lain di Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022

Langkah 9. Untuk mempersingkat waktu dalam mengerjakan Aplikasi dan bisa kira Sinkronisasi maka anda harus menghilangkan tanda merah atau Invalid. Untuk mengetahui Invalid atau tidak bisa anda masuk ke menu Validasi dan Vaidasi Lokal. Perbaiki dan isi data-data yang invalid agar anda bisa sinkronisasi.

Validasi Lokal Aplikasi Dapodik 2022
Validasi Lokal Aplikasi Dapodik PAUD 2022

Langkah 10. Setelah semuanya sudah beres, lakukan sinkronisasi dengan masuk ke User atau Akun Kepala Sekolah atau gunakan Tukar Pengguna dengan masuk ke menu Pengaturan.

Langkah 11. Sebelum sinkronisasi di Akun Kepala Sekolah, anda harus ke menu Validasi lagi. Pastikan tidak ada Invalid. Apabila sudah masuk ke menu Sinkronisasi. Centang semua yang akan anda kirim dan Lanjut Sinkronisasi. Pastikan sudah terkoneksi internet yang bagus.

Langkah 12. Tunggu sejenak proses Sinkronisasi biasanya memakan waktu beberapa menit. Apabila gagal sinkronisasi terus dicoba sampai sinronisasi selesai 100 %.

Langkah 13. Selesai...Anda tinggal cek data anda sudah masuk apa belum di situs dapodikdasmen dan pilih menu Progres dan pilih jenjang anda misalkan KB/TK/PAUD lainnya Sekolah anda. 

Untuk lebih rinci mengenai cara dari awal sampai akhir bisa anda lihat di Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2022.

PANDUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2022

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua terutama guru PAUD meliputi TK, KB, SPS, dan RA. Temukan informasi-informasi mengenai Dunia Pendidikan Jenjang PAUD di Dapodik PAUD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah dan Cepat Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022"

Posting Komentar