Pages

Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022 Secara Offline

Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022 Secara Offline. Sekarang sudah zamannya serba menggunakan aplikasi, dengan aplikasi tersebut mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia di segala bidang. Salah satu bidang yang sangat penting yaitu di dunia pendidikan. Dulu pengiriman data apapun di sekolah ke pusat harus menggunakan dokumen dan itupun membutuhkan waktu lama agar data tersebut sampai ke pusat. Namun sekarang ini tidak demikian, semua data pendidikan sudah masuk ke sebuah aplikasi yang dinamakan Aplikasi Data Pokok Pendidikan yang disingkat Aplikasi DAPODIK. Apikasi DAPODIK ini sudah rilis sejak tahun 2012, setiap tahunnya mengalami perubahan dan pembaharuan sampai sekarang agar tidak ada kendala bagi operator di sekolah. Aplikasi Dapodik ini sudah diterapkan disemua jenjang pendidikan dari tingkat pendidikan rendah ke tinggi. Tingkat pendidikan yang rendah yaitu jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) meliputi KB, SPS, TK, KB dan RA.

Cara Mudah Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022 Secara Offline
Cara Mudah Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022 Secara Offline
Di Tahun ini telah rilis Aplikasi Dapodik PAUD baru versi 2022 sejak tanggal 19 Juli 2021. Aplikasi tersebut bisa anda dapatkan di website  Dapodikpauddikdasmen. Sesuai judul artikel yaitu Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022 secara Offline. 

Sebenarnya registrasi ada 2 cara yaitu secara Offline dan Online. Bagi anda dengan jaringan internet yang kurang atau sinyal internetnya kurang terjangkau, kami sarankan untuk menggunakan Registrasi Offline. Namun bagi anda yang mempunyai jaringan internet yang bagus maka gunakan Registrasi secara Online

Baca artikel terkait : Cara Mudah Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022 secara Online.

Langsung saja mari kita fokus sesuai judul artikel mengenai Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022 secara Offline. Berikut langkah-langkah dalam registrasi Aplikasi Dapodik PAUD secara Offline.

Langkah 1. Download dan Instal terlebih dahulu Aplikasi Dapodik.

Untuk lebih jelasnya mengenai Cara Download dan Instal Aplikasi Dapodik versi 2022 bisa anda lihat di artikel sebelumnya yaitu sebagai berikut.

Baca artikel terkait : Cara Download dan Instal Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022.

Langkah 2. Masuk Situs  Prefill Dapodik

Setelah aplikasi Dapodik PAUD terinstal maka langkah selanjutnya yaitu Download Prefill dapodik. Prefill dapodik yaitu sebuah file yang menyimpan data-data sekolah kita pada periode yang lalu. Jadi penting sekali kita download prefill apabila kita registrasi secara offline ,kalau tidak kita harus mengerjakannya data sekolah dari nol lagi. Untuk donwload prefill anda masuk ke laman Dapodikpauddikdasmen lalu pilih "Data Prefill" dan Pilih Provinsi sesuai daerah sekolah anda..awas jangan sampai salah kamar karena akan berpengaruh.

Masuk situs download prefill Aplikasi Dapodik versi 2022 Offline
Masuk situs download prefill Aplikasi Dapodik versi 2022 Offline

Langkah 3. Masukkan username dan password untuk Download prefill dapodik

Masukkan Username Dapodik, Password Dapodik dan Nomor Registrasi Dapodik sekolah anda lalu pilih Generate. Tunggu beberapa menit karena proses sedang berjalan untuk mengambil data anda dari database. Setelah selesai cari kata download maka secara otomatis file prefill dapodik akan terdownload masuk ke laptop anda.

Masukkan Koreg, username dan password prefill dapodik versi 2022
Masukkan Koreg, username dan password prefill dapodik versi 2022

Langkah 4. Copy dan simpan file prefiil ke data C

Ketika file prefill sudah diunduh langkah selanjutkan pindahkan file tersebut ke data C lalu buat folder terlebih dahulu dengan mengganti nana folder tersebut menjadi prefill_dapodik lalu masukkan/ copy pastekan file prefill ke folder prefill_dapodik tersebut.

Buat Folder prefill dapodik di data C
Buat Folder prefill dapodik di data C

Langkah 5. Mulai Registrasi Aplikasi Dapodik Offline.

Ketika semua langkah-langkah diatas dilakukan, kita mulai registrasi Aplikasi Dapodik dengan membuka aplikasi Dapodik yang sudah terinstal lalu klik registrasi. Pertama Pilih mode OFFLINE, Masukkan Kode Registrasi Dapodik, Username Dapodik, dan Password Dapodik dan Registrasi. Secara otomatis proses registrasi akan berjalan, tunggu beberapa menit.

Mulai Registrasi Offline Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022
Mulai Registrasi Offline Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022

Langkah 6. Mulai masuk Aplikasi Dapodik.

Setelah proses registrasi selesai, sekarang anda bisa masuk ke Aplikasi Dapodik Sekolah anda dengan memasukkan Username dan Password Dapodik yang dimasukkan pada waktu registrasi lalu pilih Masuk. Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022 sudah bisa digunakan. Selamat bekerja.

Untuk langkah selanjutnya mengenai pengisian data dan input data bisa anda lihat di artikel selanjutnya yaitu sebagai berikut.

Baca artikel terkait : Cara Cepat Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022.

Semoga artikel ini yang berisi tentang Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD versi 2022 secara Offline bisa bermanfaat bagi anda terutama guru PAUD yang bingung harus mulai dari mana untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik versi 2022, karena ada beberapa pembaharuan dan perbaikan.  Untuk selengkapnya bisa anda unduh di Panduan Lengkap menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 2022.

Bacar artikel terkait seperti :

1. Cara Memasukkan Peserta Didik Baru dari Sekolah lain ke Aplikasi Dapodik versi 2022;

2. Cara Memasukkan Siswa Baru Non Dapodik di  Aplikasi Dapodik versi 2022.

Ikuti langkah-langkah diatas jangan sampai terlewat satu langkahpun karena akan berakibat kembali ke semula lagi. Selamat bekerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Registrasi Aplikasi Dapodik PAUD Versi 2022 Secara Offline"

Posting Komentar