Pages

Cara Download dan Instal Aplikasi Dapodik PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021

Cara Download dan Instal Aplikasi Dapodik PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021. Aplikasi DAPODIK PAUD ditahun pelajaran 2020/2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena sekarang ini sudah disatukan dengan server lembaga pendidikan yang lain yaitu seperti SD,SMP, dan SMA. Ini mungkin peraturan terbaru yang dikeluarkan kemendikbud untuk menyatukan data agar proses mutasi siswa baru antar jenjang bisa diatasi dengan mudah. Maksudnya adalah ketika Jenjang Sekolah Dasar (SD) ingin menarik siswa baru dari lulusan PAUD baik TK, KB, SPS dan TPA bisa berjalan dengan optimal tanpa harus menginput ulang siswa baru tersebut. Jadi untuk itu satu Aplikasi bisa digunakan untuk semua Jenjang Pendidikan dari PAUD, SD, SMP dan SMA. 

Ini merupakan masa transisi yang harus dipelajari oleh guru-guru di jenjang PAUD, karena pastinya banyak fitur-fitur serta menu pada Aplikasi DAPODIK ini yang baru. Sebelum menginstal Aplikasi DAPODIK PAUD, anda harus menverifikasi email, baik email lembaga, guru dan tenaga kependidikan yang ada disekolah anda. Pastikan email tersebut tidak sama dengan yang lain dan masih aktif.

Baca artikel terkait : Cara Verifikasi Email Akun Dapodik Lembaga, Guru dan Tenaga Kependidikan Jenjang PAUD

Ketika sudah menverifikasi email dan dianggap aktif maka langkah selanjutnya anda menginstal Aplikasi DAPODIK Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. 

LANGKAH PERTAMA : Download Aplikasi DAPODIK PAUD di alamat yang sudah disediakan, awas bukan alamat DAPODIK PAUD yang lama, karena sudah berpindah ke alamat : https://dapo.kemdikbud.go.id/. Masuk ke menu "Unduhan" dan " Installer" pilih "Unduh Installer".

LANGKAH KEDUA : Download prefill dapodik PAUD, prefill ini bertujuan untuk mengunduh data awal yang telah terkirim di tahun pelajaran lalu atau semester sebelumnya. Cara unduh prefill sama seperti gambar diatas hanya saja terletak di menu samping kanan "Installer" yaitu "Data Prefill". Pilih sesuai Provinsi daerah anda, jangan sampai salah dalam memilih provinsi karena tidak akan bisa diunduh data prefill sekolah anda. Masukkan "Username" dan "Password" yaitu email lembaga yang biasa masuk ke Aplikasi DAPODIK serta "Kode Registrasi" baru yang bisa diambil di Operator Dinas Pendidikan setempatdan klik " Generate". Karena kita di jenjang PAUD berada di server yang baru jadi gunakan kode registrasi yang baru juga.

LANGKAH KETIGA : Setelah Aplikasi DAPODIK PAUD  dan Data Prefill terdownload, jangan menginstal aplikasi tersebut, namun uninstal aplikasi DAPODIK yang lama di "Control Panel". Kemudian masukkan Data Prefill yang telah terdownload di data C: pada Laptop anda dengan membuat folder baru bertuliskan "prefill_dapodik".

LANGKAH KEEMPAT : Ini saatnya anda bisa menginstal langsung Aplikasi yang telah diunduh dengan mengklik kiri 2x atau klik kanan pilih"run as administrator". Ikuti instalasi Aplikasi DAPODIK tersebut dengan Ya atau Lanjut sampai selesai kurang lebih memakan waktu 5 menit proses instalisasi Aplikasi DAPODIK PAUD Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.

LANGKAH KELIMA : Aplikasi siap digunakan dan bisa anda lihat di Desktop Laptop atau Komputer anda yang bertuliskan Icon APLIKASI DAPODIK versi.2021. Cara menggunakan Aplikasi tersebut tinggal klik kiri 2x maka dengan sendirinya aplikasi akan terbuka sendiri. Selesai...

Baca artikel terkait, seperti :

  1. Cara Registasi Aplikasi Dapodik PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021;
  2. Cara Cepat Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021; dan
  3. Cara Sinkronisasi atau Kirim Data Aplikasi Dapodik PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021.
Untuk lebih lengkapnya dalam mengerjakan Aplikasi DAPODIK PAUD versi 2021 dari Instalisasi, proses pengerjaan sampai pengiriman data bisa anda lihat pada Panduan Aplikasi DAPODIK PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021 dibawah ini.


Sekian dulu dari apa yang dapat kami bagi dan sampaikan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, terutama operator di jenjang PAUD baik KB, TK, SPS dan lainnya yang masih satu naungan dengan DIRJEN PAUD. Salam satu data.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Download dan Instal Aplikasi Dapodik PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021"

Posting Komentar