Pages

PANDUAN APLIKASI SIMDAK BOP PAUD TAHUN 2020

PANDUAN APLIKASI SIMDAK BOP PAUD TAHUN 2020. Untuk mempercepat proses pelaporan dana DAK NON Fisik BOP PAUD Tahun 2020 maka Kemendikbud membuat sebuah aplikasi yang bernama SIMDAK BOP PAUD 2020. SIMDAK sendiri merupakan kependekkan dari Sistem Informasi Monitoring Dana Alokasi Khusus. Tujuan dibuatnya aplikasi ini bukan hanya untuk mempercepat pelaporan dana BOP PAUD namun juga untuk memantau sejauh mana dana tersebut sudah tersalurkan ke Jenjang PAUD yang meliputi lembaga Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), Taman Penitipan Anak (TPA) dan lembaga lainnya yang sederajat.
PANDUAN APLIKASI SIMDAK BOP PAUD TAHUN 2020
PANDUAN APLIKASI SIMDAK BOP PAUD TAHUN 2020

Sebelum rilis aplikasi SIMDAK BOP PAUD 2020 ini ke lembaga-lembaga PAUD, maka pemerintah membuat panduannya terlebih dahulu, agar nantinya setelah rilis bisa menggunakan aplikasi tersebut secara optimal tanpa gangguan apapun. Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk melaporkan dana BOP PAUD di SIMDAK 2020 yaitu anda harus membuat LPJ BOP PAUD Tahun 2020 baik Tahap 1 dan 2.

(Baca juga artikel terkait : Contoh LPJ BOP PAUD Tahap 1 dan 2 Tahun 2020)

Setelah semua sudah disiapkan maka anda sudah bisa untuk melaporkan dana BOP PAUD secara online ke Aplikasi SIMDAK 2020. Untuk itu kita langsung saja mengenai PANDUAN APLIKASI SIMDAK BOP PAUD TAHUN 2020.
  1. Langkah pertama : Kita masuk ke alamat SIMDAK BOP PAUD 2020 yaitu sebagai berikut ini https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/simdak/.
    Login/Masuk Aplikasi SIMDAK BOP PAUD 2020
  2. Kedua: Setelah masuk maka anda akan disuruh untuk memasukkan username dan password. Masukkan username dan password seperti anda masuk ke Aplikasi DAPODIK PAUD. Apabila lupa maka pilih "Saya lupa Password'.
  3. Ketiga : Apabilsa sudah memasukkan username dan password dengan benar maka selanjutnya anda akan melihat Tulisan DAK NON FISIK dan BOP PAUD, maka anda pilih BOP PAUD yang ada di dalam kotak segi empat.
    Menu Aplikasi SIMDAK BOP PAUD 2020
    Menu Aplikasi SIMDAK BOP PAUD 2020

  4. Keempat : Setelah masuk maka anda akan melihat menu SIMDAK BOP PAUD 2020. Maka anda pilih Laporan Penggunaan Dana untuk mengisi laporan. Kemudian anda isi sesuai dengan LPJ BOP PAUD 2020 yang telah anda buat.
Untuk lebih Jelasnya mengenai PANDUAN APLIKASI SIMDAK BOP PAUD TAHUN 2020 bisa anda lihat file yang sudah dibuat oleh Kemendikbud dalam format PDF sebagai berikut.


Apabila anda membutuhkan tutorial selengkapnya mengenai bagaimana cara mengerjakan dan menggunakan Aplikasi SIMDAK BOP PAUD 2020 bisa anda lihat di artikel sebelumnya.


Semoga artikel yang berjudul Panduan Aplikasi SIMDAK BOP PAUD Tahun 2020 ini bisa bermanfaat bagi anda semua terutama guru di jenjang PAUD yang membutuhkan panduan agar tidak salah dalam melaporkan dana DAK Non Fisik BOP PAUD pada Aplikasi SIMDAK BOP PAUD 2020.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "PANDUAN APLIKASI SIMDAK BOP PAUD TAHUN 2020"

  1. ko ga bisa login masuk ke aplikasinya

    BalasHapus
  2. Saya gak bisa login padahal sudah benar memakai email dan password yg dipakai di dapodik.
    Tapi malah email dan pasword tidak cocok.

    BalasHapus
  3. SY JG GA BISA LOGIN UTK SIMDAK KESETARAAN... GMN YA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ibu Neni sudah bisa masuk? Kalau iya, boleh tau bagaimana kah bu?

      Hapus
  4. Mohon maaf saya ingin tanya, hampir 3 pekan ini saya coba masuk simdak tapi gagal terus. Padahal simdak sebelumnya bisa masuk. Akhirnya saya coba klik lupa password, tapi diarahkan ke halaman eror. (Bukan eror yg 404)

    BalasHapus
  5. Mohon solusinya. Terimakasih...

    BalasHapus
  6. Bagaimana cara mengganti password simdak?
    Mohon solusinya

    BalasHapus