Pages

CARA CEPAT MENGERJAKAN APLIKASI DAPODIK PAUD ONLINE SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

CARA CEPAT MENGERJAKAN APLIKASI DAPODIK PAUD ONLINE SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Manusia tidak akan bisa mengerjakan sesuatu hanya dengan tangan kosong saja, oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi. Aplikasi merupakan suatu perangkat lunak pada komputer yang berfungsi untuk membantu kinerja manusia agar lebih cepat dan tepat sesuai yang diinginkannya. Untuk itu dunia pendidikan memanfaatkan hal tersebut dengan membuat Aplikasi yang berfungsi mempercepat pengiriman data yaitu  diberi nama Aplikasi Data Pokok Pendidikan atau kita kenal dengan sebutan DAPODIK. Aplikasi DAPODIK ini dimanfaatkan di dunia pendidikan pada semua jenjang pendidikan termasuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Aplikasi Dapodik yang digunakan pada jenjang PAUD yaitu Aplikasi DAPODIK PAUD. Aplikasi DAPODIK PAUD ini terbagi menjadi 2 macam pengerjaannya yaitu ada yang secara Online dan Offline. Cara Online biasanya akan digunakan sembari menunggu rilis aplikasi offline Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021.
 
CARA CEPAT MENGERJAKAN APLIKASI DAPODIK PAUD ONLINE SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
CARA CEPAT MENGERJAKAN APLIKASI DAPODIK PAUD ONLINE SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Pengiriman Data Dapodik PAUD secara Online sebenarnya sangatlah mudah dan cepat tanpa Menguninstal Aplikasi lama, Tanpa menginstal Aplikasi Baru, Tidak Perlu Registrasi, dan Tidak perlu Sinkronisasi. Anda tinggal langsung mengisi data yang diperbaharui dari Data Pokok Sekolah, Pendidik dan Tenaga Pendidik, Peserta Didik, dan Rombongan Belajar. Kemudian Cek Validasi di Beranda apabila tidak ada tanda merah berarti sudah selesai. Kelemahan dari pengerjaan Aplikasi DAPODIK PAUD secara Online yaitu anda harus mempunyai cukup kuota internet untuk mengerjakannya serta sinyal yang cukup tinggi.

Itulah penjelasan ringkas mengenai Cara Mengerjakan Aplikasi Dapodik Online di Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Bagi anda yang baru mulai mengerjakan secara online, disini saya akan menjembatani anda langkah-langkah awal untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Online. Berikut langkah-langkahnya.

1.  Pertama; masuk ke alamat Dapodik PAUD sebagai berikut ini. dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/

2. Kedua; Setelah itu anda akan melihat menu Dapodik PAUD dan DIKMAS dari Home, Berita, Manajemen, Manual dan Panduan, Aplikasi Dapodik, dan Materi Wordkshop. Bagi anda yang baru menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD Online berarti harus mengubah Metode Sinkronisasi dengan masuk ke Manajemen PAUD dengan melakukan sebagai berikut. 
Apabila sudah diubah ke metode Online maka untuk menuju ke Aplikasi Dapodik Online maka anda pilih menu "Aplikasi Dapodik" dan Pilih lagi "Aplikasi Dapodik Online";
Masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD Online Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021
Masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD Online Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

3. Ketiga; Kemudian anda akan disuruh untuk memasukkan/ Login "Username" dan "Password/Kata sandi". Isi Username dengan email dan Password Dapodik PAUD pada waktu masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD Offline.

4. Keempat; Setelah masuk anda tinggal mengisi data pembaharuan dari Data Periodik, Lembaga, Sarana dan Prasarana (SARPRAS), Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, dan Rombongan Belajar (ROMBEL).

5. Kelima; Cek semua data ketika sudah diisi maka langkah selanjutnya cari Validasi di Beranda. Apabila sudah selesai dan tidak ada tanda merah atau warning. Maka dianggap sudah selesai dan lihat sinkronisasi pada beranda apabila tertulis tanggal anda mengerjakan berarti sudah selesai.

Itu adalah cara cepat mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD secara Online di Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Semoga bisa bermanfaat bagi guru-guru atau operator di jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA CEPAT MENGERJAKAN APLIKASI DAPODIK PAUD ONLINE SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021"

Posting Komentar