Pages

CARA MENCETAK KARTU NUPTK JENJANG PAUD SECARA ONLINE DAN OFFLINE

CARA MENCETAK KARTU NUPTK JENJANG PAUDSECARA ONLINE DAN OFFLINE. NUPTK merupakan kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Nomor tersebut sangatlah penting untuk diperoleh bagi seorang guru dan tenaga kependidikan di semua jenjang baik Jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA. Begitu pentingnya nomor tersebut sehingga banyak dari kalangan guru yang susah untuk mendapatkannya. Untuk mendapatkan NUPTK tersebut memerlukan beberapa tahap yang harus dilewati, diantaranya kita harus mengajukan ke Dinas Pendidikan setempat dengan membawa berkas-berkas pendukung. Disamping berkas-berkas yang nantinya diserahkan ke Dinas Pendidikan setempat sebelumnya kita harus mengajukan secara Online. Mengenai pengajuan Nomor NUPTK bisa anda baca di artikel sebelumnya secara lengkap dan berdasarkan pengalaman yang ada.
Baca artikel terkait: Cara Mengajukan NUPTK Secara Online Guru PAUD Terbaru
Banyak yang gagal dalam proses pengajuan NUPTK di tahap online pada Dirjen PAUDNI, kegagalan tersebut kebanyakan karena salah upload pada SK, tapi tidak usah khawatir bisa anda lakukan dengan mengupload ulang kembali dan konfirmasikan ke Operator Dinas Pendidikan terdekat. Setelah anda mendapatkan NUPTK, langkah yang harus dilakukan bagi anda di jenjang PAUD adalah mencetak Nomor tersebut sebagai bukti bahwa anda sudah resmi mendapatkan NUPTK. Cara mencetak Kartu NUPTK terdapat 2 metode yaitu secara Online dan Offline. 
Cara Mencetak Kartu NUPTK Jenjang PAUD Secara Online dan Offline
Cara Mencetak Kartu NUPTK Jenjang PAUD Secara Online dan Offline

A. Untuk secara online kita masuk ke alamat resmi vervalptk dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Masuk ke alamat vervalptk.data.kemdikbud.go.id/kartu/list
  2. Ketika sudah masuk ke alamat tersebut cari nama ptk anda sesuai di Aplikasi Dapodik PAUD
  3. Klik lihat kartu
  4. Ketika sudah muncul kartunya anda klik tombol kanan dan Download atau Unduh
  5. Ketika sudah download copy dan pastekan ke MS. Word tentukan ukuran yang anda pilih terus sambungkan Laptop atau Komputer dengan Printer dan Cetak Kartu NUPTK Jenjang PAUD tersebut.
B. Cara mencetak Kartu NUPTK secara Offline yaitu anda harus mendownload terlebih dahulu Aplikasi Cetak NUPTK.
  1. Ketika sudah mendownload Aplikasi Cetak NUPTK anda buka dan isi data sesuai dengan data pribadi PTK pada Aplikasi Dapodik PAUD.
  2. Setelah isi data, ambil foto pribadi anda sesuaikan ukurannya
  3. Lalu cetak kartu
  4. Agar hasil kartu lebih baik, gunakan kerta Foto untuk mencetak dan di laminating agar tidak rusak ketika terkena air.
  5. Aplikasi cetak kartu NUPTK ini menggunakan MS. Excel sehingga dengan mudah anda gunakan.
Aplikasi Cetak Kartu NUPTK Jenjang PAUD
Itulah cara-cara mencetak Kartu NUPTK Jenjang PAUD baik secara Online ataupun Offline. Untuk cara Online memang saat ini belum dibuka kembali. Alternatif yang lain gunakan Aplikasi Cetak Kartu NUPTK baik di Jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENCETAK KARTU NUPTK JENJANG PAUD SECARA ONLINE DAN OFFLINE"

Posting Komentar