Pages

CARA MEMASUKKAN NISN KE APLIKASI DAPODIK PAUD

CARA MEMASUKKAN NISN KE APLIKASI DAPODIK PAUD. Nomor Induk Siswa Nasional atau yang kita kenal dengan singkatan NISN sangatlah penting bagi peserta didik di semua jenjang pendidikan. Dengan Nomor NISN tersebut itu menandakan bahwa peserta didik tersebut sudah terdaftar secara Nasional pada Data Base Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud. Namun tidak semua lembaga pendidikan dapat anakmengusulkan dan mendapatkan Nomor NISN tersebut, lembaga pendidikan tersebut yaitu PAUD kecuali Taman Kanak-Kanak (TK). Untuk jenjang PAUD seperti Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), dan Taman Penitipan Anak (TPA) tidak bisa mengajukan NISN untuk peserta didiknya, karena sudah menjadi ketetapan bagi Dirjen PAUDNI bahwa yang dapat mengajukan NISN di jenjang PAUD hanyalah lembaga TK saja. Sekarang untuk mengajukan NISN bagi peserta didik di Jenjan PAUD harus melalui Aplikasi Dapodik PAUD. Namun banyak yang belum tahu bagaimana caranya memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodik PAUD ketika sudah masuk di Aplikasi Online.
CARA MEMASUKKAN NISN KE APLIKASI DAPODIK PAUD
Cara Memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodik PAUD
Cara memasukkan NISN ke Aplikasi Dapodik PAUD sangatlah mudah, yang perlu anda ketahui adalah apakah peserta didik tersebut sudah mendapatkan NISN di Aplikasi Online?. Cara mengetahui apakah peserta didik tersebut sudah mempunyai NISN bisa anda lihat di artikel yang sudah kami buat pada minggu sebelumnya.
Baca juga : Cara Mengetahui Peserta Didik Sudah Mempunyai NISN Jenjang PAUD
Untuk sekarang ini kita akan membahas bagaimana cara memasukkan NISN peserta didik bagi yang sudah ada di Aplikasi Online namun di Aplikasi Dapodik masih kosong. Anda semua tidak usah khawatir karena sangatlah mudah untuk memindahkan NISN ke Aplikasi Dapodik PAUD. Caranya sebagai berikut.
  1. Masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD versi yang terbaru dengan memasukkan  username berupa email dan password serta pilih Semester dan Tahun Pelajaran yang terbaru.
  2. Anda cari menu Validasi dan Sinkronisasi di sebelah kanan atas  pastikan pada Validasi tidak terdapat invalid.
  3. Tunggu proses Sinkronisasi sampai 100 % (Seratus Persen) dan pastikan menggunakan jaringan internet yang kuat.
  4. Ketika sudah selesai sinkronisasi lalu Muat Ulang Aplikasi Dapodik PAUD anda.
  5. Langkah terakhir anda cek di menu Peserta Didik, maka dengan sendirinya akan muncul NISN semua peserta didik anda.
Perlu diingatkan kembali bahwa yang mendapatkan NISN di jenjang PAUD hanyalah Lembaga TK saja. Untuk lembaga lain yang bernaung di jenjang PAUD tidak perlu risau karena sudah menjadi ketetapan dari Dirjen PAUDNI. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMASUKKAN NISN KE APLIKASI DAPODIK PAUD"

Posting Komentar