Pages

Cara Mengisi Riwayat Karir atau Pekerjaan Guru PAUD Untuk Persiapan PPG Tahun 2022

Semua guru pasti menginginkan tunjangan profesi guru, karena dengan tunjangan tersebut dapat memperoleh penghasilan 3 kali lipat dari gaji pokok. Namun untuk mendapatkan tunjangan tersebut, guru harus melewati beberapa syarat-syarat yang harus dilalui. Persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi guru pendidik yaitu Ijazah harus linier dengan bidang study yang diampu. Contohnya Bunda mengajar di Sekolah PAUD baik TK, KB, SPS, TPA dan lainnya maka anda harus mempunyai ijazah Pendidikan Guru PAUD. Disamping sudah memiliki ijazah linier ada lagi syarat yang penting yaitu sudah mengabdi minimal 5 tahun dari sekarang. Syarat kita sudah memenuhi atau belum, langkah-langkah yang harus bunda lakukan yaitu mengisi riwayat karir atau pekerjaan yang ada di Aplikasi Dapodik PAUD. Untuk itu mari kita simak bagaimana cara mengisi riwayat karir atau pekerjaan guru PAUD untuk persiapan PPG Tahun 2022.

Cara Mengisi Riwayat Karir Guru PAUD Persiapan PPG Daljab Tahun 2022
Cara Mengisi Riwayat Karir Guru PAUD Persiapan PPG Daljab Tahun 2022

Berikut langkah-langkah yang harus di ikuti dari langkah pertama sampai akhir, dibaca dan langsung praktekkan menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD agar lebih cepat dan tepat dalam mengisi riwayat karir guru bunda-bunda PAUD di seluruh Indonesia untuk masa depan kesejaahteraan bunda dalam memperoleh tunjangan profesi guru dengan mengikuti PPG Dalam Jabatan tahun 2022.

LANGKAH PERTAMA : Buka Laptop yang sudah terinstal Aplikasi Dapodik PAUD dengan versi yang terbaru yaitu Aplikasi Dapodik Versi 2022.c

LANGKAH KEDUA : Login menggunakan username/ email dan password akun dapodik pribadi bunda.

LANGKAH KETIGA : Masuk ke menu "GTK" dan pilih nama bunda.

Pilih GTK dan Guru untuk mengisi Riwayat Karir Guru PAUD
Pilih GTK dan Guru untuk mengisi Riwayat Karir Guru PAUD

LANGKAH KEEMPAT : Ketika sudah memilih nama bunda selanjutnya pilih menu "UBAH" yang ada diatasnya.

Menu Ubah untuk mengisi Riwayat Karir Guru PAUD
Menu Ubah untuk mengisi Riwayat Karir Guru PAUD

LANGKAH KELIMA : Scroll kebawah ada menu dari riwayat pendidikan, dan lainnya. Bunda pilih menu Riwayat Karir dengan menggeser kekanan.

LANGKAH KEENAM : Pilih "TAMBAH" dan isi kolom-kolom sesuai yang tertera di Surat Tugas atau SK Pengangkatan bunda sebagai guru PAUD dari awal hingga sekarang.

Mengisi Riwayat Karir Guru PAUD
Mengisi Riwayat Karir Guru PAUD

Untuk menu isian di kolom Riwayat Karir di Aplikasi Dapodik PAUD Tahun 2020 ada 12 item kolom yang harus diisi yaitu sebagai berikut .

1. Jenjang Pendidikan : Diisi Jenjang pendidikan yang diajar misalkan bunda mengajar di PAUD maka Jenjang Pendidikannya diisi PAUD.

2. Jenis Lembaga : Maksudnya adalah jenis lembaga yang mengangkat bunda sebagai guru misalkan sekolah ketik sekolah apabila yayasan ketik yayasan.

3. Status Kepegawaian : Status kepegawaian yang dimaksud adalah status kepegawaian bunda pada lembaga terkait misalkan bunda isi GTY, GTT dan PNS.

4. Jenis PTK : Jenis PTK yang dimaksud yaitu sesuai SK pengangkatan apabila bunda PTK di sekolah guru PAUD maka tulis guru kelas PAUD atau bisa saja ditulis guru kelas.

5. Lembaga Pengangkat : Lembaga yang mengangkat bunda menjadi guru PTK disekolah tersebut. Misalkan SK pengangakatannya oleh Ketua Yayasan tulis nama yayasannya atau misalkan yang mengangkat Kepala Sekolah maka tulis nama sekolahannya saja.

6. Nomor SK Kerja : Diisi sesuai nomor SK pengangakatan bunda. Misalkan SK GTY maka diisi nomor SK yang terletak diatas paling tengah.

7. Tanggal SK Kerja : Tanggal SK Kerja yaitu tanggal penandatanganan SK Kerja atau pengangkatan yang terletak di bawah sebelah kanan.

8. TMT Kerja : TMT yaitu Tanggal Mulai Tugas biasanya terletak pada isi surat pengangkatan yang berbunyi mulai tugas sejak kapan sesuai isian pada SK. Tapi biasanya antara tanggal SK dengan TMT ada yang sama ada juga yang berbeda.

9. TST Kerja : TST yaitu Tanggal Selesai Tugas, ini diisi apabila bunda pernah bekerja di instansi mana terus pindah ke instansi lainnya. Apabila tidak pernah pindah-pindah tugas atau mengajar maka tidak perlu diisi atau kosong saja.

10. Tempat Kerja : Tempat kerja ini diisi nama kabupaten atau kota tempat bunda mengajar. Misalkan sekolah bunda di Pemalang dan tempat tinggal bunda di Tegal maka yang ditulis adalah Pemalang.

11. TTD SK Kerja : Tanda tangan SK Kerja yaitu Nama Jabatan yang menandatangani SK Pengangkatan bunda. Misalkan Ketua Yayasan atau Kepala Sekolah. Tapi apabila statusnya PNS bisa diisi Bupati atau sebagainya disesuaikan dengan SK Kerja bunda yang tertera.

12. Mapel diajarkan : Untuk mapel yang diampu yaitu disesuaikan dengan mapel yang bunda ampu. Misalkan bunda sekarang mengajar di PAUD maka ditulis PAUD saja.

Itu semua diisi sesuai riwayat karir guru bunda di jenjang PAUD. Misalkan bunda pernah mengajar di beberapa sekolah sebelumnya bisa menambahkan kolom dengan pilih " TAMBAH". Apabila sudah diisi semua lalu pilih "SIMPAN".

LANGKAH KETUJUH : Ketika sudah terisi semua, untuk mengirim data yang sudah diisi langkah selanjutnya adalah  mengirim data tersebut dengan cara "VALIDASI" dan "SINKRONISASI" Aplikasi Dapodik PAUD bunda.

Selesai sudah langkah demi langkah dalam pengisian riwayat karir guru di Aplikasi Dapodik untuk persiapan PPG di Tahun 2022. Silahkan bunda-bunda PAUD secepatnya diisi karena nasib bunda tergantung dari bunda sendiri sebelum terlambat karena paling lambat adalah akhir Januari 2022.

Baca artikel terkait seperti :

  1. Cara Mengerjakan Aplikasi Dapodik PAUD Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022;
  2. Cara Mengisi Riwayat Pendidikan Guru PAUD Untuk Persiapan PPG Daljab Tahun 2022.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi bunda-bunda semua, salam satu data. Saya sebagai admin dari DAPODIK PAUD mohon maaf apabila ada kata-kata atau kalimat yang tidak berkenan dan sesuai. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengisi Riwayat Karir atau Pekerjaan Guru PAUD Untuk Persiapan PPG Tahun 2022"

Posting Komentar