Pages

Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk Login SIMPKB PAUD

Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk Login SIMPKB TK/PAUD. Tahun 2015 telah resmi sebuah situs dari Kemendikbud mengenai penjaringan Uji Kompetensi Guru yang disingkat UKG secara bertahap dari jenjang PAUD (KB, SPS, TPA, dan TK), SD, SMP, dan SMA baik Sekolah negeri maupun swasta. Uji Kompetensi Guru (UKG) tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan guru dari segi intelektual, paedagogik dan wawasan kebangsaan. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan tersebut diambil dari data yang sekolah kirim di awal semester yaitu dalam Aplikasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). UKG ditahun 2015 tersebut merupakan UKG terakhir yang diadakan oleh Kemendikbud, setelah itu situs UKG difungsikan sebagai proses pembelajaran daring bagi guru PNS yang sudah bersertifikasi proses daring ini maksudnya adalah sebuah pembelajaran yang dilakukan secara online, nantinya guru PNS tersebut masuk sesuai login masing-masing mengamati materi yang ada dan mengerjakan soal serta mengirim dokumen tugas-tugas yang diperintahkan oleh seorang mentor, semua dikerjakan secara online.
Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk Login SIMPKB PAUD
Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk Login SIMPKB PAUD
Setelah proses pembelajaran online tersebut selesai, barulah ditahun ini yaitu 2018/2019 digunakan untuk pendaftaran dan pengajuan mengikuti Uji Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk mengajukan pendaftaran anda harus login menggunakan username dengan nomorUKG@guruku.id. Nomor UKG tersebut diambil dari Nomor UKG yang telah Bpk/Ibu Guru dapatkan waktu mengikuti UKG di tahun 2015. Namun bagaimana bagi guru yang belum pernah mengikuti UKG tersebut? tidak usah khawatir, bagi guru yang belum pernah mengikuti UKG tetap akan mendapatkan nomor UKG dengan mencari di situs tersebut yang sekarang ini di tahun 2019/2020 telah berganti menjadi SIMPKB. SIMPKB merupakan kependekan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan dalam naungan Kemendikbud dan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan.
Di pertengahan bulan September tahun 2019 telah dihebokan surat edaran dari Kemendikbud Dirjen GTK perihal Pendaftaran Uji Kompetensi Akademik PPG untuk Guru PAUD (TK,KB,SPS, dan TPA) dan jenjang diatasnya bagi Guru Tetap PNS, Non PNS dan Guru Tetap Yayasan (GTY). Dalam surat edaran tersebut dibahas mengenai Kriteria dan Syarat serta Jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2019. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca dan lihat surat tersebut secara langsung sebagai berikut.
Baca selengkapnya : Surat Edaran Kemendikbud Mengenai Uji Kompetensi Akademik PPG Guru PAUD.
 Ketika  mengetahui kriteria dan syarat untuk dapat mengikuti Uji Kompetensi Akademik PPG dalam surat tersebut, apabila anda sesuai kriteria tersebut barulah anda masuk/login dengan memasukkan username dan password. Untuk username menggunakan nomorUKG@guruku.id, bagi anda yang belum pernah mengikuti UKG, bisa anda dapatkan nomor tersebut yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Masuk ke alamat SIMPKB sebagai berikut : https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id;
  2. Setelah itu anda akan melihat Username, Password/Sandi, Login, dan Registrasi Akun. Pilih Registrasi Akun untuk menemukan Nomor UKG anda;
    Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk Login SIMPKB PAUD
  3. .Registrasi Akun ini untuk mendaftarkan diri anda dalam masuk ke situs SIMPKB ini, untuk itu anda harus mencari Nomor UKG terlebih dahulu dengan masuk ke menu Cari No.UKG yang bertuliskan warna merah;
    Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk Login SIMPKB PAUD
  4. Masukkan nama lengkap anda pada Nama GTK lalu pilih Provinsi dan Kabupaten /Kota Sekolah anda mengajar dan klik Cari GTK;
  5. Cari nama dan sekolah anda bertugas disitulah nomor UKG anda. Ketika sudah menemukan Nomor UKG barulah anda mendaftarkan diri dengan masuk ke point 3 dengan memasukkan Nomor UKG dan Tanggal lahir anda;
    Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk Login SIMPKB PAUD
  6. Selesai sudah anda menemukan Nomor UKG anda, ini adalah cara termudah untuk mencari nomor UKG tersebut bagi yang tidak mengikuti UKG di tahun 2015.
Baca artikel terkait seperti : Cara Registrasi/Mendaftarkan Diri di SIMPKB Jenjang PAUD.

Semoga tutorial mengenai Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk dapat Masuk ke Login SIMPKB Jenjang PAUD baik TK, KB, SPS, dan TPA bisa bermanfaat bagi anda yang kebingungan untuk masuk ke situs SIMPKB dalam pendaftaran Uji Kompetensi Akademik PPG Jenjang PAUD..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menemukan Username dan Nomor UKG Untuk Login SIMPKB PAUD"

Posting Komentar