Pages

Cara Mengubah Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Jenjang PAUD Tahun 2019

Cara Mengubah Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Jenjang PAUD Tahun 2019. Verval PD merupakan kependekan dari Verifikasi dan Validasi Peserta Didik di Sekolah pada Semua jenjang baik PAUD, SD, SMP, dan SMA. Verval PD tersebut berfungsi untuk mengubah data yang terkunci di Aplikasi Dapodik PAUD, yang artinya tidak bisa diubah di Aplikasi Dapodik PAUD di tahun 2019. Data yang terkunci atau tidak bisa diubah di Aplikasi Dapodik PAUD antara lain Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Ibu Kandung Peserta Didik.
Untuk mengubah data tersebut membutuhkan Dokumen sebagai bukti bahwa Nama atau Identitas Peserta Didik ada kesalahan yang harus diubah. Dokumen yang dimaksud adalah Akte Kelahiran yang asli di scan dengan format JPG dan ukuran jangan sampai melebihi 1 Mb. Cara agar data tersebut bisa berubah anda harus mengunjungi alamat vervalpd dari Kemendikbud yaitu http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Untuk langkah-langkah mengajukan perubahan nama dan tanggal lahir peserta didik di VervalPD Jenjang PAUD bisa anda ikuti sebagai berikut.
  1. Masuk ke alamat vervalpd seperti yang sudah diberitahukan di atas dan memasukkan username atau email serta password yang sudah terdaftar di alamat sdm.data.kemdikbud.go.id bukan seperti pada masuk ke Aplikasi Dapodik PAUD. Apabila anda belum mendaftar ke alamat sdm segeralah mendaftar atau registrasi dengan mengikuti panduan di artikel yang sudah kami buat. (baca juga : Cara Registrasi di Verval PD, Verval SP, dan Verval PTK Jenjang PAUD Tahun 2019)
  2. Ketika sudah terdaftar anda bisa masukkan username dan password nanti akan menemui tampilan situs verval pd seperti dibawah ini terus pilih menu Edit Data sub menu Pengajuan dan Nama & Tanggal Lahir.
    Cara Mengubah Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Jenjang PAUD Tahun 2019
    Pengajuan Perubahan Nama & Tanggal Lahir di Verval PD
  3. Setelah itu anda akan melihat sub menu di verval pd Pilih Siswa di sebelah kiri atas di bawah kalimat Silahkan Pilih Siswa yang akan diubah.
    Cara Mengubah Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Jenjang PAUD Tahun 2019
    Cara Mengubah Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Jenjang PAUD Tahun 2019
  4. Kemudian akan ada nama-nama peserta didik seperti pada Aplikasi Dapodik PAUD, pilih salah satu siswa atau peserta didik yang akan diedit atau diubah melalui vervalpd PAUD dan Ok di bawah sebelah kanan.
  5. Apabila sudah dipilih siswa yang akan diedit lalu anda akan menemui sebuah formulir yang akan diubah pada peserta didik tersebut meliputi Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung. Isi data perubahan di Nama Baru sesuaikan dengan Akte kelahiran yang dimiliki oleh siswa tersebut dan Upload Dokumen di Dokumen Perubahan pilih Select cari file Akte Kelahiran anak tersebut yang sudah di scan format JPG.
    Cara Mengubah Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Jenjang PAUD Tahun 2019
  6. Lalu Pilih Pengajuan Perubahan. Data tersebut sudah terkirim namun anda harus koordinasi ke Operator Dinas setempat untuk di setujui. Untuk mengetahui sudah di setujui atau belum lihat di menu Status di Edit Data di bawahnya Pengajuan.
    Cara Mengubah Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Jenjang PAUD Tahun 2019
Jadi untuk mengubah Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung peserta didik di Verval PD harus melihat Akte kelahiran yang asli yang ditandatangi oleh Dukcapil di daerah setempat setelah sudah mengajukan perubahan anda harus menfotokopi akte kelahiran tersebut dan diserahken ke Operator Dinas Pendidikan setempat yang menangani Approve Verval PD.
Agar tidak terjadi kesalahan pada identitas yang terkunci atau tidak bisa diubah di Aplikasi Dapodik PAUD kami sarankan pada waktu mengentri atau memasukkan peserta didik di Aplikasi Dapodik PAUD harus melihat Dokumen resmi yang ada seperti Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga supaya anda tidak mengajukan perubahan data di Verval PD. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mengubah Nama dan Tanggal Lahir di Verval PD Jenjang PAUD Tahun 2019"

  1. Data sy blm disyncron, tp bermasalah di penulisan nama anak dan tempat lahir blm input. Apa mgkn data PD dihapus aja dan tulis baru lagi? Ato gimana? Krna kalo pake yg diatas agak ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda kalau belum disinkron lebih baik dihapus dan ditulis kembali data peserta didik tersebut

      Hapus