Pages

Cara Mengubah Identitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Verval PTK Jenjang PAUD

Cara Mengubah Identitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Verval PTK. Identitas merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua terutama dalam hal pendataan. Ketika kita salah mengisi identitas kita dalam sebuah pendataan maka bisa berakibat fatal kedepannya. Salah satu contoh dalam pendataan di jenjang PAUD adalah Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PAUD kita bisa melihat pada menu PTK bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa kita ubah secara langsung pada Aplikasi Dapodik PAUD tersebut meliputi Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, NIK, Jenis Kelamin,. Cara mengubahnya jalan satu-satunya adalah dengan masuk ke situs verval ptk karena situs ini terhubung langsung dengan Aplikasi Dapodik PAUD. Verval PTK bukan hanya berfungsi untuk mengajukan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau yang kita kenal dengan NUPTK namun juga bisa berfungsi sebagai tempat pengeditan data Guru atau Tenaga Kependidikan yang terkunci pada Aplikasi Dapodik PAUD. 
Cara Mengubah Identitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Verval PTK Jenjang PAUD
Cara Mengubah Identitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Verval PTK Jenjang PAUD
Agar dapat masuk ke situs Verval PTK tersebut anda harus registrasi terlebih dahulu melalui situs sdm.data,kemdikbud.go.id untuk lebih jelasnya bisa anda lihat artikel terkait langkah-langkah registrasi.
Baca juga : Cara registrasi ke vervalPTK,Verval PD dan VervalSP di situs SDM
Setelah sudah melakukan registrasi dan sudah diverifikasi oleh situs sdm tersebut, anda sekarang bisa masuk ke situs http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/  dengan memasukkan Username atau Password yang sudah diregistrasi di situs sdm. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut setelah masuk ke alamat vervalPTK untuk mengubah identitas anda.
  1. Masuk ke menu "Pengelolaan" dan pilih "Perbaikan Data Master".
  2. Pilih salah satu PTK atau Guru yang akan diubah identitasnya dan cari kata "Edit Data" disamping foto atau Nama Guru yang akan diubah.
  3. Ketika memilih Edit Data maka anda akan melihat Nama Lengkap PTK, Tempat dan Tanggal Lahir, NIK, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung. Di sebelah kiri merupakan Data yang terkunci sedangkan di sebelah kanan adalah data perubahan yang akan diubah sesuai Identitas ada. Pastikan anda sudah menscan Berkas atau Dokumen Pendukung seperti Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga dengan format JPG dengan ukuran Kurang dari 1 Mb ke "Select File".
  4. Ketika sudah merubah dan mengupload Dokumen Pendukung langkah selanjutnya adalah Pilih "OK" di bawah sebelah kanan.
  5. Selesai.
Setelah melakukan langkah-langkah diatas untuk merubah data Identitas anda yang salah, tunggu sejenak kira-kira 1 atau 2 hari , dan cek data yang diubah di situs vervalptk apabila sudah berubah. Segera Sinkronisasi Aplikasi Dapodik PAUD anda maka dengan sendirinya akan berubah.
Baca juga artikel yang terkait seperti : Cara merubah data Peserta Didik yang terkunci di Aplikasi Dapodik PAUD melalui VervalPD.

Semoga bermanfaat.😤

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Mengubah Identitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Verval PTK Jenjang PAUD"

  1. Bgm dengan merubah nama PTK, input nomor SK, di dapodik, harus lewat operator dinas ya?!
    Mohon infonya terimakasih

    BalasHapus
  2. Kalau merubah jenis PTK bagaimana nggih? Matur nuwun

    BalasHapus
  3. mau tanya om, setelah berhasil updated data ptk, trus kita hanya sinkron kembali aplikasi dapodik nya? itu yang offline / online ya? karena saya sudah sinkron tapi data ptk tidah berubah. tapi di verval ptk sudah approve.
    mohon pencerahannnya..
    trims

    BalasHapus